Radar Malang Logo

Kubis Jurang Kuwali Anti Hama

KOTA BATU – Petani kubis di Dusun Jurang Kuwali, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, bisa menanam dengan tenang. Mereka tidak takut serangan hama akar gada. Sebab, sudah menyiapkan pupuk cair fungisida penangkal hama. Pupuk cair itu sudah disemprotkan ke lahan sebelum ditanami kubis.
Sejak menerapkan konsep tersebut, petani kubis tidak pernah dipusingkan serangan hama. ”Kalau terkena akar gada, sayuran kubisnya saya buang sebelum panen,” ujar Rumadi, salah satu petani kubis jurang kuwali yang beberapa tahun lalu tanamannya selalu diserang hama.
Petani berusia 36 tahun itu memakai pupuk cair Nebijin dari PT Agricon. Hasilnya, hama akar gada lenyap serta krop sayur kubis lebih besar. Petani pun tersenyum lebar dengan panen yang maksimal.
Regional Sales Manager Jatim Bali NTB Sariun mengatakan, dalam rangka menyambut ulang tahun ke-47 PT Agricon, pihaknya mengelar edukasi seratus petani kubis dan tanaman holtikultura di dua titik. Yakni Desa Sumber Brantas, Bumiaji dan Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.
”Kami berupaya memberikan pelayanan sosial. Salah satunya edukasi pengendalian hama akar gada,” jelas pria asal Brebes ini.(asa/c1/dan)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar