Radar Malang Logo

Pacu Produktivitas, Optimalkan Perangkap Hama

KOTA BATU – Kesadaran petani untuk menjaga tanamannya dari serangan hama cukup tinggi. Lihat saja pada petani cabai di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Mereka rutin memeriksa sekaligus mengganti perangkat deteksi hama yang dipasang tidak jauh dari tanamannya.

Karena dengan memanfaatkan perangkap hama itu, para petani bisa jenis hama yang menyerang tanaman mereka. ”Kami sangat terbantu dengan pemasangan keberadaan deteksi hama. Sekarang ini, banyak lalat buah yang menyerang,” kata Supadi, salah satu petani cabai sambil menunjukkan hama yang terjebak di perangkap kepada wartawan Jawas Pos Radar Batu, Jumat (27/11).

Supadi mengatakan, dengan mengetahu jenis hama yang menyerang tanamannya, maka penangannya pun bisa dilakukan dengan tepat. Karena, pemilihan obat bisa disesuaikan dengan jenis penyakitnya. ”Jadi tidak sampai salah obat, karena sudah tahu penyakitnya,” kata dia.

Kasi Hortikultura, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Pemkot Batu, Ir Lendy Agus Susilo mengatakan, perangkap kuning sangat bagus untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Karena penanganan hama bisa dilakukan secara tepat.

Perangkat kuning sederhana yang dimanfaatkan petani itu merupakan banguan dari Pemuda Pancasila Pusat pada tahun 2013 lalu. (muk/yak)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar