Radar Malang Logo

Kampus Binus Berdiri di Malang, Ini Target Mereka

MALANG KOTA –Persaingan kampus swasta di Kota Malang kian sengit. Ini setelah Institute Teknologi Kreatif Bina Nusantara (Binus) resmi berdiri di Jalan Green Boulevard Araya, Blimbing, Kota Malang. Rabu (3/8) lalu, kampus ini diresmikan dan siap menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran kali ini.

Rektor Binus Malang Dr Ir Boto Simatupang MBP mengatakan, hadirnya Binus di Malang karena dia melihat ada potensi yang besar di kota pendidikan ini. ”Malang juga dikelilingi oleh sekolah-sekolah yang bagus dan memliki lingkungan yang nyaman untuk belajar,” katanya di sela-sela acara peresmian Binus Malang.

Wakil Rektor II Bagian Operasional dan Sumber Daya Rudy SKom MM menambahkan, beroperasinya Binus ini berdasarkan keputusan Kemenristek Dikti yang keluar 20 Juli lalu. Dalam keputusan itu, sebenarnya ada enam prodi yang boleh beroperasi, yakni Teknik Informatika, Kewirausahaan, Desain Komunikasi Visual, Hubungan Masyarakat, Ilmu Komunikasi, dan Desain Interior.

Namun, tahun ini yang beroperasi baru ada dua prodi yang berkaitan dengan tekologi kreatif, yakni Teknik Informatika dan Kewirausahaan. ”Kami target empat puluh mahasiswa di dua prodi ini. Kami memulai perkuliahan September mendatang. Pendaftaran sudah dimulai saat ini hingga 19 Agustus,” jelasnya.

Hingga kini, Binus Malang sudah memiliki 12 dosen. Hal itu sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah, yakni tiap prodi minimal ada enam dosen. ”Bila berbicara tentang kurikulum, kami menyesuaikan dan mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia),” imbuhnya.

Sedangkan untuk kampus yang ada saat ini, menurut dia, bukanlah kampus permanen. Lantaran,  kampus utama masih akan dibangun di area yang lebih besar di sebelah timur kompleks perumahan elite Kota Araya. Rudy mengatakan, secara kualitas, Binus Malang sama dengan Binus University Jakarta. Yang berbeda hanya lokasinya saja. Sedangkan untuk kualitas pengajar dan sarana prasananya tidak jauh berbeda. ”Dan ciri khas mungkin berbeda, karena kita juga perlu mengusung kearifan lokal,” paparnya.

Acara peresmian Binus Malang dibuka oleh Ketua Yayasan Bina Nusantara Dr Ir Bernard Gunawan MBP dan dihadiri oleh para pimpinan Bina Nusantara, Rektor Binus University Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM, kepala sekolah, dan para pimpinan universitas yang ada di Malang. Selain itu, hadir juga orang tua calon mahasiswa, alumni, dan civitas akademika.(viq/c1/riq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar