Radar Malang Logo

Shelter Terminal Mulai Difungsikan

MALANG KOTA – Proyek pembangunan shelter (transit penumpang dan bus) di Terminal Arjosari yang menghabiskan biaya puluhan miliar, kini sudah dioperasionalkan. Titik keberangkatan penumpang di terminal pun berubah.

Sebelumnya, penumpang datang dari pintu masuk langsung menemukan deretan bus. Namun sejak Selasa (24/1), penumpang harus berjalan melintasi ruang tunggu dan menyusuri pertokoan di sisi selatan terminal. Saat mencapai area shelter, penumpang harus naik tangga tiga susun menuju lantai dua yang juga merupakan ruang tunggu.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Malang, pengoperasionalan shelter baru ini membuat penampakan terminal Arjosari lebih rapi. Jika bisanya bus terparkir menunggu penumpang di sisi dekat ruang tunggu, kini bus-bus tersebut mulai mengantre di masing-masing shelter sesuai jurusan masing-masing.

Koordinator Terminal Arjosari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hadi Supeno menyatakan, operasional shelter ini sesuai dengan tugas yang harus dilakukan setelah diambil alih pemerintah pusat. ”Sesuai prosedur, shelter ini mulai kami fungsikan. Sebab, ini tuntutan untuk memenuhi kebutuhan pengguna terminal,” ujar Hadi saat ditemui di sela-sela memantau aktivitas shelter.

Dia menyatakan, pembangunan shelter sudah digarap sejak beberapa tahun lalu. Namun, baru dioperasionalkan karena menunggu kesiapan fasilitas penunjang, salah satunya pagar pembatas. Fasilitas lain, yaitu toilet dan ruang tunggu sopir juga sudah bisa digunakan.

Saat disinggung mengenai kekurangan lain di sekitar shelter, seperti aspal mengelupas dan atap bocor, Hadi menyatakan, pihaknya akan mendata terlebih dulu. Hasil pendataannya akan dikirimkan ke Kemenhub untuk memperoleh tindak lanjut. ”Lintasan shelter 1 yang rusak ini sudah saya foto dan langsung saya laporkan ke pusat. Tapi, belum ada tanggapan. Per 1 Januari lalu, operasional sudah di Kemenhub,” pungkasnya.

Sementara itu, saat diguyur hujan, halaman sekitar shelter tergenangi air. Meski begitu, tidak mengganggu penumpang. Sebab, penumpang sudah disiapkan jalur khusus, yaitu melintasi ruang tunggu. (lil/c3/dan)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar