Radar Malang Logo

Coban Kedung Kembar, Pesona Air Terjun di Antara Hutan Sawit

DONOMULYO – Masih banyak potensi wisata di Kabupaten Malang yang belum tereksplorasi. Padahal, jika dikelola dengan baik, pesona alam yang ada bisa menjadi destinasi wisata baru. Salah satunya Coban Kedung Jembar di Dusun Panggung Waru, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo.

Untuk bisa menikmati pesona Coban Kedung Jembar, pengunjung harus melewati jalan setapak sekitar 500 meter dari perkampungan Dusun Panggung Waru. Otomatis, kendaraan harus dititipkan ke rumah warga. Namun, pemandangan perkebunan kelapa sawit yang berada di sepanjang jalur setapak menjadi pemandangan yang bisa dinikmati. Begitu sampai di spot utama Coban Kedung Jembar, pengunjung bakal disuguhi coban bertingkat dengan tinggi sekitar 15 meter. Tak jauh dari spot utama, terdapat tiga coban yang hingga kini belum diberi nama oleh warga sekitar.

Namun, warga mengimbau pengunjung agar ekstra hati-hati bila ingin berenang di lokasi coban. Sebab, sebelumnya di lokasi tersebut sudah sering menelan korban jiwa. ”Tahun lalu, ada empat orang yang tenggelam di sana,” terang Mursidi, warga Desa Sumberoto.

 

Kejadian terakhir, ada pengunjung tenggelam saat mandi sekitar Oktober lalu. Saat itu, seorang warga dari Kecamatan Donomulyo yang menjadi korban. Dari beberapa cerita yang didapat Mursidi, aliran air di bawah coban memang cukup dalam. Sekilas, memang terlihat tenang. ”Ada beberapa palung di bawah coban. Orang yang meninggal sering tersangkut di palung itu,” tambah dia. (by/c3/nay)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar