Radar Malang Logo

Longsor Susulan Ancam Poncokusumo, Kabupaten Malang

PONCOKUSUMO – Tanah longsor yang terjadi di sejumlah titik di Desa Pandansari, Kecamatan Poncokusumo (25/1) masih membuat warga was-was. Karena longsor susulan bisa terjadi kapan saja. Warga pun berharap tebing yang rawan longsor bisa dibangun TPT (tembok penahan tanah).

Hingga kemarin, seluruh material tanah longsor sudah dibersihkan. Akses jalan yang semula lumpuh dan saluran PDAM yang terputus juga telah lancar kembali. Hanya saja, warga tetap resah saat hujan datang karena bisa terjadi longsor susulan. ”Untuk itu, kami akan mengajukan bantuan untuk membuat TPT,” ujar Ahmad Zainul Abidin, kepala Desa Pandansari.

Ada dua titik yang seharusnya dibangun TPT, semuanya ada di tepi jalan desa. Titik pertama dengan ketinggian 20 meter dan lebar 14 meter. Sedangkan kedua dengan tinggi 1 meter dan lebar 12 meter. ”Itu yang longsor kemarin, yang butuh segera dibangun TPT karena lokasi (longsor) sudah mengenai jalan,” ujarnya.

 

Jika TPT tidak dibangun, jika terjadi longsor lagi dipastikan akan memakan jalan makan desa hingga menyebabkan warga terisolir. ”Karena itu jalan satu-satunya, tidak ada jalan alternative lagi,” tegas Ahmad. “Idealnya jembatan memang diperlebar, karena kendaraan besar seperti bus itu tidak bisa masuk. Jadi semua kendaraan besar harus berhenti di Poncokusumo,” tukas dia. Seperti diketahui, tanah longsor yang terjadi di Desa Pandansari menyebabkan longsor di 11 titik, mulai kecil hingga sedang. (adk/nay)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar