Radar Malang Logo

Mau KB, Divaksin Aja

Dia menjelaskan, protein tersebut bersifat reversible (tidak banyak perubahan) dan tidak menyebabkan patologis (sakit) di saluran reproduksi wanita. Vaksin kontrasepsi ini pun sudah diujicobakan pada hewan Makaka vesicularis (monyet). ”Ada kesamaan antara mamalia dan manusia,” jelasnya.

Kemudian, hasil kerja vaksin inhibin berbeda dengan vaksin ZP3. Perempuan kelahiran Tuban itu menerangkan, cara kerja vaksin inhibin untuk melemahkan sperma laki-laki. Protein yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk mengganggu proses spermatogenesis (proses pembuatan sel sperma).

Namun, dia menjelaskan, untuk vaksin inhibin ini, masih belum sempurna. Oleh karena itu, batasan waktu penggunaannya juga belum diketahui. Saat ini, masih  melakukan proses uji coba. Tahap uji coba awal dilakukan pada kelinci yang biasanya beranak banyak. Terbukti, vaksin tersebut dapat mengurangi jumlah anak kelinci.

Menurut dia, proses penelitian yang dilakukan bersama Prof Sutiman B. Sumitro, guru besar biologi UB, itu dimulai sejak 1998–2013. Untuk pendanaan, dia mendapatkan support dari pabrik obat Bio Farma. Aul menyatakan, vaksin yang sudah siap digunakan sebetulnya adalah ZP3 untuk perempuan. Namun, dia menyatakan, saat ini masih proses untuk dapat diloloskan dan diuji. Sebab, vaksin itu sifatnya langsung berhubungan dengan tubuh manusia. Dengan begitu, dibutuhkan kejelian dan perlu dites lembaga luar untuk menentukan uji kesuksesannya. ”Saya tidak heran dengan proses administrasi yang ribet itu di Indonesia. Jika di luar negeri, mungkin langsung dikembangkan,” ucapnya.

Sebetulnya, dari pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat, sudah mendapatkan respons baik untuk mengembangkannya. Hal itu pun disampaikan pihak BKKBN awal Februari lalu saat mengadakan seminar tentang keluarga berencana (KB) di Malang. ”Tapi, saat ini, kita masih menunggu BKKBN untuk mampu mengambil alihnya. Sebab, ini berkaitan dengan program untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia,” pungkasnya. (kis/c3/lid)

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar