Radar Malang Logo

Malang Trail Runners, Berangkat Tengah Malam dan Sering Tersesat di Gunung

Anda sudah bosan berlari dengan pemandangan yang itu-itu saja? Mungkin Anda perlu mencoba olahraga trail running. Olahraga lari lintas alam ini sedang menjadi primadona. Sambil berlari, Anda bisa menikmati suasana pegunungan dan alam terbuka. Banyak cerita seru dari orang-orang menekuni hobi ini.

 

Di Malang, ada komunitas yang menampung hobi tersebut, yakni Malang Trail Runners atau biasa disingkat Mantra. Komunitas yang kali pertama dibentuk pada 28 Februari 2016 ini, telah memiliki anggota aktif sekitar 30–40 orang. ”Kalau anggota di Facebook ada sekitar 1.500-an,” kata Heru Prabowo, ketua Mantra saat ditemui di basecamp-nya di kawasan Permata Jingga, Sabtu (25/2) lalu.

Mantra berdiri saat sekumpulan pelari sedang bercengkerama di Warung Dayung, Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kala itu, mereka mencetuskan ide untuk membuat sebuah komunitas trail runner. ”Jadi, trail running ini seperti hiking tetapi ada batasan waktunya. Jadi membawa peralatan secukupnya saja,” ungkap Heru, sapaan akrabnya.

Anggota Mantra sendiri berasal dari bermacam-macam profesi, mulai dari karyawan, dokter, mahasiswa, wiraswasta, dan lain-lain. ”Saat awal membentuk komunitas itu, anggotanya masih 20 orang. Lalu, kami membuat event bertajuk Arjuna Welirang Ultra (AWU),” beber pria asli Banyuwangi tersebut.

AWU yang diselenggarakan 20-21 Agustus 2016 ini adalah kejuaraan yang menggabungkan lari dan pendakian gunung. Dalam kejuaraan yang diikuti 320 peserta itu, terdapat kategori 60 kilometer (60K) yang start pukul 00.00; kategori 30K, pukul 05.00; dan kategori 15K, pukul 06.30.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar