Radar Malang Logo

Luar Biasa, Warga Malang Banyak yang Bermain Saham di Bursa Efek. Ini Buktinya

KOTA MALANG – Ternyata warga Kota Malang banyak yang melantai di bursa saham. Terbukti dari 67.272 investor pasar modal di Jawa Timur (Jatim) yang dicatat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sebanyak 7.677 atau 11,4 persennya adalah warga Kota Malang.

 

Lembaga penyimpanan dan penyelesaian (LPP) di pasar modal Indonesia ini berkomitmen akan terus meningkatkan jumlah investor di Jatim, khususnya Malang. ”Kami yakin, dalam 5–10 tahun ke depan, mereka (pengusaha) akan menjadi investor pasar modal yang berkualitas,” papar Kepala Unit Pelayanan Pelanggan 2 KSEI Abdul Azis, saat berkunjung ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Malang, Jumat (10/3) lalu.

Untuk menambah jumlah investor di pasar modal, PT KSEI bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) menggandeng perguruan tinggi (PT). Selain itu, KSEI menyediakan sarana pemantauan portofolio investor melalui fasilitas acuan kepemilikan sekuritas (AKSes). Melalui kartu ini, investor bisa mengakses seluruh investasi di pasar modal. Sehingga, mereka bisa memantau apakah investasi mereka menunjukkan hasil yang positif.

Azis menyatakan, fasilitas AKSes itu penting untuk memantau investasi secara langsung. Hadirnya fasilitas yang merupakan sarana informasi tersebut, juga sebagai bentuk perlindungan terhadap investor.

Untuk itu, pihaknya gencar menyosialisasikan pentingnya kartu AKSes. Sosialisasi dan edukasi tersebut sejalan dengan kampanye ”Yuk Nabung Saham” yang diselenggarakan regulator pasar modal.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar