Radar Malang Logo

Gigihnya Warga ini Bangun Persputakaan di Kampungnya

Tak hanya Ninik Iswayuni yang patut dijadikan contoh dalam mengampanyekan minat baca masyarakat. Namun, Fery Sonafida  pun bisa dijadikan teladan. Bahkan, pria 32 tahun ini rela mengajak iuran keluarga besarnya hanya untuk membangun perpustakaan gratis di kampungnya.

WARTAWAN: DIAN KRISTIANA

HAMPARAN berbagai tanaman tampak subur di sawah Dusun Krajan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Ada tanaman buah jeruk, sayur-sayuran, dan padi. Namun, di tengahtengah sawah tersebut tampak sebuah bangunan yang tak biasa. Dalam bangunan berdinding anyaman bambu (gedek) itu tampak ratusan buku telah tertata rapi di rak. Selain rakrak berisi buku, di bangunan seluas 10x5 meter tersebut juga terlihat beberapa meja dan tempat duduk lesehan seperti di perpustakaan pada umumnya.

Ya, bangunan itu milik Fery Sona fi da, penggagas Taman Baca Mas yarakat (TBM) gratis untuk anak-anak di sekitarnya. ”Maaf Mbak, kondisinya ala kadarnya karena gedungnya masih baru selesai diperbaiki,” sapa Fery kepada Jawa Pos Radar Batu, kemarin. Pria kelahiran 20 April 1985 ini bercerita, minat baca anakanak di lingkungannya sangat minim. Padahal, mereka harus mem budayakan kegiatan membaca untuk menambah wawasan. Oleh karena itu, pa da 2015, Fery membangun TBM Gudang Buku ini.

Namun, ka rena terkendala biaya un tuk membangun gedung, ak hir nya dia mengajak keluarga be sarnya, di antaranya saudara, aya ha nya, dan pamannya, iuran. ”Da na nya terkumpul Rp 15 juta dan akhirnya menjadi gedung seder hana ini,” terang pria yang juga guru di MTs Nurul Huda Batu itu. Hingga saat ini, ada sekitar 30 anak yang rajin ke TBM tersebut. Mereka bebas memanfaatkan semua buku yang ada di tempat ini, seperti buku agama, sejarah, dan dongeng anak-anak. Namun, Fery mengaku, dirinya terkendala pada jumlah buku koleksi di TBM yang didirikannya tersebut. Buktinya, jumlah koleksinya masih 150 buku. ”Bukunya dari ban tuan teman-teman (Forum Komunikasi Taman Baca Malang Raya) dan koleksi pribadi saya,” imbuhnya. (*/c3/im)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar