Radar Malang Logo

Gubernur: Tidak Ada Pendidikan yang Gratis
BERITA TERKAIT

MALANG KOTA – Pelajar di Kota Malang sebaiknya jangan berharap mendapatkan pendidikan gratis. Sebab, Gubernur Jawa Timur Soekarwo sudah menegaskan, tidak ada pendidikan yang gratis. Melainkan, hanya ada pendidikan murah dan berkualitas.

 

Itu disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, setelah mengisi kuliah tamu di Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (16/3). ”Model baru sekarang ini, tidak ada pendidikan yang gratis,” ujar Karwo.

Karwo mencontohkan pendidikan di Jerman. Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) itu memaparkan, Jerman pernah menerapkan pendidikan gratis. Namun, peningkatan kualitas pendidikan menjadi terhambat.

Berbeda kondisinya setelah Jerman menghapus program pendidikan gratis tersebut. Untuk meringankan beban orang tua siswa, Jerman menerapkan subsidi silang. ”Setelah Jerman menerapkan pendidikan tidak gratis, ternyata lebih maju dari sebelumnya,” jelas dia.

Dia berharap, pendidikan di Jatim bisa seperti Jerman. Dengan tidak adanya pendidikan gratis, dia menyatakan, pendidikan bisa lebih maju. ”Sebab, sesungguhnya, Jatim maju karena faktor pendidikannya,” imbuh mantan sekretaris daerah Provinsi Jatim itu.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar