Radar Malang Logo

OJK Target 20 Ribu Agen Laku Pandai Pada 2017
BERITA TERKAIT

KOTA MALANG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mematok target inklusi keuangan masyarakat bisa mencapai angka 75 persen pada 2019. Target itu salah satunya bisa terwujud lewat pembentukan agen laku pandai (layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif). Tahun ini setidaknya harus ada 20 ribu agen laku pandai di wilayah Malang Raya.

Sejak dicanangkan pada 2014, jumlah agen laku pandai di bawah kantor wilayah OJK Malang terus bertumbuh. Berdasarkan data yang direkap hingga Desember 2016, sudah ada 8.606 agen laku pandai yang eksis.

Agen-agen itu melayani 67.165 nasabah, dengan jumlah outstanding (pemakaian dana kredit) mencapai Rp 6,5 miliar. Nasabah itu tersebar di tujuh kota/kabupaten di wilayah Jawa Timur. Yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo.

Sementara secara spesifik, dari angka itu, jumlah agen laku pandai di wilayah Malang Raya mencapai 6.549 unit. Agen-agen tersebut melayani 46.331 nasabah. ”Sementara outstanding-nya mencapai Rp 3,5 miliar,” ujar dia.

Kepala OJK Malang Indra Krisna menyampaikan, agen laku pandai ini diharapkan bisa menjadi ujung tombak untuk literasi dan inklusi keuangan. Karena itu, OJK Malang terus menggenjot pertumbuhan agen laku pandai.

Dengan semakin banyak agen laku pandai yang terbentuk, harapannya pemahaman masyarakat terkait industri keuangan diharapkan juga semakin meningkat. Apalagi agen-agen dianggap lebih mampu menjangkau masyarakat pedesaan. Yakni segmentasi yang selama ini jauh dari jangkauan layanan industri keuangan.  

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar