Radar Malang Logo

Mahasiswa UIN Konsentrasi Jaga Budaya Lokal

KOTA MALANG  – Suguhan penampilan budaya di malam puncak Bidikmisi on March (Bioma) 2017, menarik perhatian ratusan pengunjung yang hadir di gedung rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Sabtu malam (18/3). Sebab, acara yang gelar malam itu tidak hanya memberikan hiburan. Namun, juga menyampaikan pentingnya budaya untuk mempertahankan budaya lokal. Apalagi, dalam acara tersebut hadir sekitar 600 siswa SMA sederajat.

 

Itu seperti tarian kreasi yang disuguhkan kelompok tari mahasiswa bidikmisi UIN Maliki Malang. Mereka mampu menunjukkan kekhasan dalam tarian daerah yang dikreasikan dengan tari modern. Selain itu, master of ceremony (MC) pada acara tersebut juga menampilkan berbagai bahasa daerah. Mulai dari bahasa Sunda, Malangan, dan Madura.

Ketua Panitia Bioma Faizul Munir menyatakan, kegiatan ini merupakan agenda penutup dari rangkaian lomba untuk SMA sederajat tingkat Jawa Timur-Bali yang diadakan Keluarga Besar Mahasiswa Bidikmisi (KBMB) UIN Maliki Malang. Perlombaannya, mulai dari lomba debat pendidikan, salawat Al-banjari, dan pidato bahasa Inggris. Selain itu, ada lomba esai tingkat nasional untuk tingkat mahasiswa.

Mahasiswa Bahasa Sastra Arab itu melanjutkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaring kompetensi siswa-siswi dari SMA sederajat. Lebih dari itu, Faiz menyatakan, ini bertujuan agar mereka memiliki motivasi untuk meneruskan studi lanjut ke tingkat perguruan tinggi. Tidak ada alasan karena keterbatasan ekonomi, tidak bisa melanjutkan kuliah. ”Melalui ajang ini, kami ingin menunjukkan pada siswa SMA bahwa peluang untuk meneruskan studi di perguruan tinggi sangat besar bagi siapa pun,” tandasnya.

Sementara itu, Dewan Penasehat KBMB Siti Mahmudah membeberkan, ini merupakan agenda rutin dari KBMB UIN Maliki Malang. Tujuannya untuk memberikan wadah bagi siswa yang berprestasi. ”Saya berharap, mahasiswa bidikmisi dan peserta yang hadir dapat mengambil manfaat dalam adanya kegiatan rutin tahunan ini,” tutur dosen Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang itu. Misalnya, dalam meningkatkan kecakapan berorganisasi untuk mahasiswa. (kis/c3/lid)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar