Radar Malang Logo

Pemain Beda Generasi Kian Kompak

MALANG KOTA – Arema FC bisa dibilang dihuni banyak pemain berbeda generasi. Pada satu sisi ada Cristian Gonzales yang sudah berumur 40 tahun, tapi ada juga pemain yang masih berusia 19–20 tahun seperti Bagas Adi Nugroho dan Hanif Sjahbandi. Ada juga pemain berkepala tiga seperti Esteban Vizcarra, tapi ada juga pemain yang belum genap 24 tahun seperti Nasir dan Adam Alis.

Dalam beberapa pertandingan yang sudah dilakoni Arema FC, terlihat kalau pemain beda generasi ini sudah padu. Pelatih Arema FC Aji Santoso menyatakan, untuk memupuk kekompakan tim, menurut dia, tak perlu waktu lama. Sebab, dia menekankan untuk selalu berkomunikasi antarpemain saat bertanding. ”Sejak awal saya menegaskan kepada pemain agar saling berkomunikasi,” kata Aji, kemarin (19/3).

Dia melanjutkan, komunikasi di atas lapangan sangat penting. Jika komunikasi tidak lancar, maka permainan menjadi jelek dan tidak variatif. ”Tidak membutuhkan waktu lama untuk membentuk kekompakan tim, hanya tinggal seberapa cepat para pemain membangun komunikasi di lapangan,” imbuhnya.

Aji memuji kekompakan tim yang terjalin antara Adam Alis dan Cristian Gonzales di Piala Presiden 2017. Adam sangat jeli dan sering berkomunikasi dengan El Loco–julukan Cristian Gonzales–untuk mendapatkan pasokan umpan. ”Saya melihat mereka sudah padu, karena komunikasi yang baik,” kata dia.

Sementara itu, Adam Alis meminta pemain muda Singo Edan lebih kompak lagi dengan tim senior. Agar permainan tim yang baru saja juara Piala Presiden 2017 ini berhasil memenangi setiap pertandingan di Liga 1. Untuk diketahui, Liga 1 sudah akan dimulai pada 15 April mendatang. ”Tidak saya saja, tapi semua pemain muda Arema harus meningkatkan kekompakan tim,” kata Adam Alis.

Menurut dia, sebagai pemain muda, tidak perlu malu atau gengsi untuk berkomunikasi karena untuk kebaikan tim. Apalagi dengan regulasi Liga 1 yang harus menurunkan tiga pemain dengan usia 22 tahun, itu menjadi kesempatan bagi pemain muda untuk menunjukkan bahwa mereka layak bermain di Liga 1. ”Kesempatan sudah ada, tinggal memanfaatkan dengan baik melalui kekompakan tim,” tandasnya. (asa/c2/riq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar