Radar Malang Logo

Chutdroul Yaqin, Kolektor Ribuan Bambu Berbentuk Unik

Hobi yang ditekuni Chutdroul Yaqin terbilang nyeleneh. Selama 15 tahun ini, Droul menjelajahi hutan demi mendapatkan bambu-bambu unik bermotif sisik naga hingga spiral.

WARTAWAN: NURLAYLA RATRI

Seperti apa bentuk bambu yang Anda ketahui? Sebagian besar dari Anda barangkali menjawab bambu itu berbentuk silinder yang memanjang. Sementara pada bagian batangnya terdapat ruas-ruas. Jawaban itu tidak salah. Tapi, Anda mungkin tidak tahu bahwa ada bentuk lain dari bambu. Bahkan, ada bentuk-bentuk tertentu yang tidak mudah untuk ditemui.

Bambu-bambu unik itu pernah dipamerkan Chutdroul Yaqin di halaman diler sepeda motor Honda Kartika Sari, Jalan Jaksa Agung Suprapto, 3–5 Maret lalu. Waktu itu, ada ratusan bambu beraneka bentuk yang dia bawa.

Ada bambu yang separo bagian bawahnya terlihat normal, tapi memiliki lima cabang pada bagian atasnya. Lalu, ada bambu yang pada ruas-ruas batangnya memiliki lubang secara alami. Sekilas, bentuk itu mirip dengan kentongan.

Droul menyatakan, hobinya mengumpulkan bambu-bambu unik sudah dimulai sejak 2002 silam. Warga Jalan Menco No 181, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, ini mengaku hampir setiap hari mencari bambu.

1
2
3
4

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar