Radar Malang Logo

Penerimaan Pajak Barang Mewah Melesat

MALANG KOTA – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim III mencatat kinerja yang positif untuk penerimaan dari sektor pajak penjualan barang mewah (PPnBM) di triwulan pertama tahun ini. Hingga Maret, total penerimaan pajak tersebut mencapai Rp 6,4 miliar.

Angka itu memang masih jauh daripada target yang dipatok untuk tahun ini. Yakni sebesar Rp 27,91 miliar, atau baru 22,9 persen dari target. Tapi, bila dibandingkan dengan perolehan PPnBM dalam periode yang sama di tahun lalu, apa yang dicapai sekarang jauh lebih baik.

”PPnBM mengalami pertumbuhan 617 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016. Dulu hanya sebesar Rp 902 juta,” ujar Kepala Seksi Humas Kanwil DJP Jatim III Nur Falaq Rahmaningtyas.

Perempuan yang akrab disapa Tyas tersebut, menyatakan, PPnBM memberikan kontribusi sekitar 0,15 persen dari total penerimaan pajak di Kanwil DJP Jatim III. ”Target PPnBM menjadi bagian dari target penerimaan secara keseluruhan,” kata dia.

Tyas menyampaikan, jumlah PPnBM itu meningkat karena transaksi yang dilakukan perusahaan. ”Tapi bisa juga karena konsumsi atas barang-barang tertentu,” imbuh dia.

Menurutnya, sektor properti masih mendominasi PPnBM. ”Kemungkinan dari properti. Kami sendiri tidak bisa melihat laporan wajib pajak secara detail,” lanjut dia.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar