Radar Malang Logo

Wanita Jangan Takut Berpolitik

MALANG KOTA – Saat ini, memasuki dunia politik bukan lah hal yang tabu untuk dilakukan kaum wanita. Meski begitu, masih banyak wanita yang mungkin ma sih ragu-ragu untuk terjun ke dunia politik. Anggota DPR RI Nurhayati Assegaf mengungkapkan, salah satu penyebabnya adalah adanya stigma negatif terkait dunia politik. Yakni, anggapan yang menyebut politik itu penuh kebohongan dan tindak korupsi. ”Padahal, tergantung dari niatnya,” kata Nurhayati, saat berbicara dalam talk show yang digelar Club Sosialita Malang di Hotel Santika Premiere Malang, Sabtu (15/4).

Dia melanjutkan, kalaupun muncul stigma seperti itu, penyebabnya adalah banyak orang baik dan orang pintar yang enggan berpolitik. Padahal, jika mereka mau, bangsa ini bisa lebih maju. ”Jangan takut berpolitik,” papar Nurhayati. Dengan berpolitik serta menjadi anggota dewan, menurutnya, bisa turut menentukan langkah bangsa. Seperti mengatur anggaran negara, membuat undangundang, serta menjadi kontrol bagi pemerintah. ”Misalnya menentukan angga ran pendidikan. Berarti bisa lebih memastikan soal pendidikan anak-anak kita di masa depan. Itu salah satunya,” jelas Nurhayati.

Namun, jika ada wanita yang hendak terjun ke politik, dia mengingatkan jangan hanya asal ikut-ikutan. Harus benar-benar yakin dan siap. ”Dan harus rajin belajar juga,” pungkasnya. Karena itu, penting bagi seorang wanita untuk mengikuti forum-forum atau komunitas di masyarakat. Termasuk Club Sosialita Malang. Dari situ, wanita akan mendapatkan banyak pengetahuan sekaligus relasi.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPRD Kota Malang Ya’qud Ananda Gudban mengungkapkan, wanita me miliki peran yang cukup besar dalam kehidupan. ”Wanita memiliki peran utama sebagai ibu dalam keluarga. Kemudian, ada pula peran publik yang sudah banyak dimasuki wanita,” ujar politikus dari Partai Hanura ini. Ya’qud yang juga anggota Club Sosialita Malang menyatakan, isu soal wanita terus ber kembang tiap tahunnya. ”Ta pi di mana pun, siapa pun, atau sebagai apa pun, agen peru bahan harus selalu dari sisi kita sendiri,” jelas dia. (zuk/c4/muf)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar