Radar Malang Logo

Arif Budiman, Pelukis Asal Kepanjen yang Karyanya Menasional

Bagi Arif Budiman, melukis adalah panggilan jiwa. Meski awalnya banyak yang menentang pilihannya menyeriusi dunia seni lukis, dia tetap jalan terus. Bahkan, apresiasi atas karyanya tak hanya datang dari Malang Raya, namun hingga ke pentas nasional.

WARTAWAN: ARIS DWI KUNCORO

PULUHAN lukisan tergantung di dinding rumah milik Arif Budiman, Jalan Raya Blobo 208, Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen. Nyaris tak ada space kosong di bagian dinding rumah sederhana berukuran kurang lebih 6x12 meter itu. Mulai dari dinding ruang tamu, ruang tengah, hingga tiga kamar, semua terlihat penuh dengan lukisan.

Dari yang berukuran kecil kurang lebih 30x40 cm hingga 2x2 meter. Saking tidak ada tempat pajangan, beberapa lukisannya diletakkan di atas lemari di ruang tamu. Lukisan dengan berbagai aliran itu adalah karya Arif Budiman seorang. ”Ya, ini semua karya saya. Ini kalau mau melihat,” kata Arif kepada Jawa Pos Radar Malang sambil membuka satu per satu ruangan. Menurut dia, setiap lukisan mempunyai cerita yang ingin disampaikan di atas kanvas.

Karena itu, untuk waktu penyelesaian sebuah lukisan tak pernah dibatasi. ”Sampai saat ini, lukisan mengenai perempuan masih belum jadi karena lukisan ini cukup rumit. Ada arsiran yang belum saya temukan,” terang dia. Oleh sebab itulah, prosesnya sangat lama. Meski ada lukisan yang butuh waktu lama untuk diselesaikan, ada juga yang singkat. Misalnya sehari, ada yang seminggu atau satu bulan selesai.

Dari karya yang butuh keseriusan itulah, lukisan Arif banyak diapresiasi kolektor lukisan dan para seniman lain. Dia pun sering diundang mengikuti pameran, mulai di Kabupaten Malang sampai Jakarta. ”Ya, kami pernah pameran di galeri nasional pada 2007,” jelasnya. Waktu itu, selain dirinya, ada tiga pelukisan Malang yang berkesempatan menampilkan karyanya. Event tersebut istimewa karena tidak semua pelukis bisa masuk karena ada kurasi yang cukup ketat. ”Pada waktu itu, yang jadi kurator ada seniman dari Jawa Barat dan peserta pameran seluruh Indonesia,” kata bapak tiga anak ini.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar