Radar Malang Logo

Hadijah Nastiti, Atlet Taekwondo Muda Asal Dampit
BERITA TERKAIT

Tidak sedikit atlet bela diri wanita yang meraih juara di kelasnya. Hadijah Nastiti, salah satunya. Dara asal Dampit, Kabupaten Malang ini, berhasil mengoleksi sejumlah piala dari kejuaraan taekwondo.

WARTAWAN: FAJRUS SHIDDIQ HADIJAH

Nastiti kini duduk di semester dua Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (UM). Tapi, jika dilihat dari wajahnya, dia masih sangat pantas menjadi siswi SMA bahkan SMP. Ya, raut mukanya memang tampak baby face, juga terkesan kalem. Belum lama ini, tepatnya Maret lalu, gadis berambut panjang tersebut meraih medali perak kyorugi senior putri U-53 kg pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Marciano Cup 2017 di Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Itu menjadi medali kedua semenjak mengikuti kejuaraan di kelas senior. Sebelumnya, pada 2016, dia meraih perunggu kyorugi senior U (under)-54 kg. Ditemui di rumahnya, kawasan Jalan Pasar Lawas, Kecamatan Dampit, Minggu (16/4), Hadijah sedang sibuk membantu orang tuanya. ”Saya belajar taekwondo sejak SD,” kata dara kelahiran 1 November 1997 tersebut membuka percakapan. Ketika itu, Hadijah kecil menghabiskan masa sekolahnya di SDN Pondok Labu 03, Jakarta.

Dirinya memang dikirim orang tuanya untuk sekolah di ibu kota. Ha dijah tinggal di rumah keluarga pamannya. Nah, saat duduk di kelas V, sepulang sekolah, dirinya sering menyendiri di ru mah pamannya. Lantaran sering bosan, Hadijah kemudian menguntit kegiatan tiga sepupunya. Ternyata, tiga anak pamannya yang masih remaja hampir setiap sore mengikuti latihan taek wondo.

Dari situlah dia mulai tertarik seni bela diri asal Korea Selatan ini. Bahkan, perkembangan Hadijah menguasai jurus-jurus bela diri yang dulu disebut subak itu, terhitung cepat. Memulai dari sabuk putih dasar, dia bisa naik sabuk hijau saat duduk di bangku kelas VI SD. Ini berarti, dalam setahun saja, putri pasangan Awan Sunaryadi-Risa Wahyuningsih tersebut bisa menapaki tiga strip tingkatan sabuk. Mulai putih, kuning, hingga hijau. Hanya dalam lima bulan pertamanya, Hadijah langsung menjadi juara III dalam ajang taekwondo yang diadakan Pemerintah Kota Jakarta Selatan, tahun 2009. ”Awal-awal memang saya rajin latihan. Lagian kalau diam di rumah juga tidak ada orang,” jelas peraih juara III kejuaraan taek wondo di Jakarta Selatan pada 2010.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar