Radar Malang Logo

Kampus Teknik Polinema Buka Jurusan Bahasa Inggris

KOTA MALANG  – Selama ini, Politeknik Negeri Malang (Polinema) dikenal sebagai kampus teknik. Namun, tahun ini kampus tersebut membuka Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris Terapan program diploma tiga (D-3). Menurut Sekretaris Jurusan Administrasi Niaga Polinema Joni Dwi Pribadi, meskipun Prodi Bahasa Inggris, tetapi tidak akan menghilangkan nilai teknik. Sebab, prodi tersebut mengandung unsur Bahasa Inggris Terapan.

Menurut dia, animo peserta yang mendaftarkan diri di jurusan tersebut sudah melebihi kuota yang ditentukan oleh panitia. Sampai saat ini, jumlah pendaftar lewat jalur Penelurusan Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) ialah 470 pendaftar. Padahal, masih ada jalur pendaftaran lain seperti Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dan jalur mandiri.

Berdasarkan kabar terakhir, karena banyaknya peserta yang berminat, Polinema akan membuka tiga kelas. ”Padahal, semula hanya dibuka dua kelas. Setiap kelas akan terdapat sekitar 30 mahasiswa.” kata Joko Santoso, staf humas Polinema.

Bambang Suryanto, ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Polinema, menuturkan, sekitar tiga tahun Polinema merintis Prodi Bahasa Inggris Terapan. Itu diawali dari riset ke siswa SMA sederajat sampai ke perusahaan. Hingga akhirnya, prodi tersebut mendapatkan legalitas.

Sementara itu, pembelajaran yang akan didapatkan oleh mahasiswa prodi itu akan disesuaikan dengan metode yang ada di Polinema. Yaitu, 60 persen  praktik dan 40 persen teori, misalnya speaking (berbicara), reading (membaca), writing (menulis). ”Yang membedakan nantinya, lulusan dari mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Terapan akan mahir di bidang translate (menerjemahkan),” tutup Bambang. (pit/c3/lid)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar