Radar Malang Logo

M. Iwan Wahyudi, Guru PKn SMK Diponegoro Tumpang Terpilih untuk Studi di Amerika Serikat

Muhammad Iwan Wahyudi termasuk guru istimewa di Kabupaten Malang. Sebab, dia berhasil lolos dalam program International Leaders in Education Program (ILEP). Di Indonesia, hanya ada 5 guru yang terpilih dan berangkat untuk studi ke Amerika Serikat (AS).

WARTAWAN: FAJRUS SHIDDIQ

Muhammad Iwan Wahyudi, guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Diponegoro, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, itu masih berada di Amerika Serikat saat diwawancarai koran ini pada Minggu lalu (7/5). Melalui WhatsApp (WA) dan e-mail, dia menceritakan pengalamannya hingga bisa terbang ke Amerika Serikat untuk menempuh studi secara gratis.

Dia menyatakan, dari 275 guru yang menjadi peserta International Leaders in Education Program (ILEP), 5 guru terpilih termasuk Iwan berangkat ke Amerika Serikat (AS) pada 4 Januari 2017. Untuk diketahui, ILEP merupakan salah satu program beasiswa Fulbright yang di Indonesia dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Beasiswa Fulbright lewat AMINEF ini memberikan kesempatan kepada para guru untuk studi di Amerika Serikat selama lima bulan.

Dia menyatakan, untuk bisa lolos program tersebut butuh perjuangan keras. Sebab, dirinya terlebih dulu mendaftar lewat online sejak setahun sebelumnya. Hal itu dia lakukan semata-mata agar lolos seleksi. Kemudian, berbagai persiapan pun dia lakukan. Misalnya, Iwan harus bisa menguasai budaya lokal, bahasa Inggris, dan skill keterampilan. Iwan pun rajin belajar tentang budaya Indonesia, termasuk soal topeng Malangan.

Pria asal Sumberpakis Krajan tersebut terbang ke negeri pimpinan Donald Trump karena terpilih mewakili Indonesia melalui beasiswa pendidikan nongelar selama lima bulan di AS bersama dua guru dari Sulawesi, satu dari Ambon, dan satu guru Kalimantan Barat. Yang mana mereka semua adalah guru bahasa Inggris. Dan Iwan-lah satu-satunya guru PKn. Saat ini, putra pasangan Ponirin-Kastupah tersebut masih menikmati masa menimba ilmu di Amerika Serikat, tepatnya di Arizona State University.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar