Radar Malang Logo

149.799 Siswa Berebut 10.633 Kursi PTN

KOTA MALANG  – Perebutan kursi untuk calon mahasiswa baru (camaba) di tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Malang yang bakal digelar pada 16–18 Mei mendatang bakal ketat. Sebab, pendaftar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) meningkat dari tahun lalu.

Dari hasil rekapitulasi pendaftaran SBM PTN yang ditutup Selasa lalu (9/5), sekitar pukul 16.00, total pendaftar yang memilih tiga PTN di Kota Malang (UB, UM, dan UIN) menembus angka 149.799 orang. Padahal tahun 2016 lalu hanya 129.936 pendaftar dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk kuota 3 PTN, yaitu Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) totalnya hanya 10.633 kursi. Dengan demikian, jika dihitung secara kasar, peserta SBM PTN yang ingin lolos harus bisa mengalahkan kurang lebih 14 pendaftar lainnya. Sebab, semua bergantung jurusan yang dipilih karena ada jurusan yang banyak diminati dan ada jurusan yang sepi peminatnya.

Lalu, ke mana saja para pendaftar menjatuhkan pilihannya? Dari data yang diperoleh Jawa Pos Radar Malang, pendaftar SBM PTN yang terbanyak ada di UB yang mencapai 91.652 orang. Jumlah tersebut melonjak dari tahun lalu yang hanya sekitar 80.000 orang.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 55 Malang Prof Kusmartono sudah memprediksi lonjakan pendaftar itu sejak awal pembukaan pendaftaran SBM PTN. Sebab, UB mulai tahun ini menggunakan nilai hasil tes SBM PTN untuk penerimaan jalur mandiri sehingga tidak ada lagi tes terpisah untuk jalur tersebut. ”Peserta yang hanya mengandalkan jalur penerimaan mandiri tetap harus mendaftar dan ikut tes SBM PTN. Sebab, nilai itu yang digunakan untuk mengikuti seleksi mandiri,” jelas pria yang akrab disapa Kus tersebut.

Wakil rektor I UB itu menambahkan, selama ini lebih dari 40 persen peserta jalur mandiri di UB tidak ikut SBM PTN karena hanya mengandalkan jalur mandiri. ”Dengan kebijakan yang baru, sudah tidak bisa seperti itu lagi,” tambahnya.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar