Radar Malang Logo

 Mengais Rezeki di Kolam Andeman yang Dikuras

KABUPATEN MALANG – Seorang ibu menggendong bocah berusia sekitar dua tahun. Dia tampak dibantu anaknya yang lain berusia sekitar 4 tahun untuk berburu ikan di wisata kolam Andeman, Desa Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang, yang sedang dikuras beberapa minggu lalu. Ya, seminggu sekali, air di kolam tersebut rutin dikuras. Momen itu dimanfaatkan warga sekitar untuk berburu ikan.

 

Ahmadi, pengelola wisata Andeman, menjelaskan, pengurasan ini untuk menjaga kualitas air kolam. Hal itu dilakukan agar kondisi air selalu bersih sehingga wisatawan betah. Selain itu, juga untuk menghindari pendangkalan. ”Di atas Andeman, ada beberapa mata air yang memasok persediaan air ke wisata Andeman. Nah, saat musim penghujan biasanya banyak material, baik pasir maupun tanah, yang terbawa dan menjadi sedimen (endapan),” jelasnya.

Sesuai dengan fungsinya, kolam di Andeman ini diprioritaskan sebagai sumber pengairan di area persawahan tiga desa. Ketiga desa tersebut yaitu Desa Sanankerto, Desa Sananrejo, dan Desa Pagedangan Timur. Selain itu, kolam ini juga ada wahana sepeda bebek untuk menambah daya tarik wisatawan.

Dari segi kunjungan, jumlah wisatawan yang datang ke Andeman terus mengalami peningkatan. Jika di hari biasa, jumlah pengunjung sebanyak 500–600 pengunjung. Sedangkan saat hari libur, jumlah pengunjung di Andeman bisa menembus 1.000 wisatawan. ”Selain menikmati suasana teduh, permainan sepeda bebek dan perahu masih menjadi favorit pengunjung,” terangnya.

Untuk melengkapi wahana yang sudah ada, dalam waktu dekat pihak pengelola juga akan menambah fasilitas baru, yakni flying fox. Saat Lebaran mendatang, flying fox sudah bisa dinikmati oleh pengunjung. (iik/c2/abm)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar