Radar Malang Logo

Linsensi AFC Terganjal Ganti Nama dan Logo

KOTA MALANG – Kabar ini menjadi pekerjaan rumah (PR) Arema FC. Tim ini dikabarkan kesulitan mendapatkan lisensi tingkat Asia Football Confederation (AFC). Jika itu terjadi hingga Liga 1 selesai digelar, Arema FC terancam tidak bisa tampil di Liga Champions Asia meski seandainya tim ini bertengger di posisi atas pada Liga 1. Kabar bahwa Arema FC sulit mendapatkan lisensi AFC ini berembus beberapa waktu lalu saat 18 tim kontestan Liga 1 diundang oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Penyebabnya, tim ini sempat mengganti nama dari Arema Cronus menjadi Arema FC dan pernah mengganti logo.

Salah satu persyaratan agar tim bisa mendapatkan lisensi AFC, yakni dalam kurun waktu dua tahun, tidak berganti pengelolaan, nama, logo, hingga kantor. Di Liga 1, selain Arema FC, ada Madura United yang membeli saham klub lain, Bhayangkara FC yang pindah stadion, hingga PS TNI yang mengakuisisi saham Persiram Raja Ampat. Media Offi cer Arema FC Sudarmaji menyatakan, kabar itu memang ada, tetapi pihak Arema FC memilih untuk berpikir positif terkait lisensi AFC. ”Kami sudah menjalani proses lisensi yang panjang. Jadi, kami yakin, PSSI ikut memperjuangkan lisensi untuk Arema FC,” kata Sudarmaji.

Dia menyatakan, saat kongres PSSI beberapa waktu lalu, berubahnya nama dan logo Arema FC sudah disetujui PSSI. Bahkan, ketika itu, hadir perwakilan AFC. Oleh karena itu, menurut dia, dua hal tersebut seharusnya tidak menjadi masalah. ”Kami berlandaskan kongres PSSI sehingga yakin bila PSSI tetap mengawal lisensi AFC tersebut,” kata Sudarmaji.

Dia menambahkan, perubahan yang terjadi di klub Liga 1 lantaran sempat berhentinya kompetisi liga pada 2015. Yang mana, hal itu merupakan buntut dibekukannya PSSI oleh pemerintah. Dengan begitu, PSSI dan AFC sudah mengetahui bahwa klub yang melakukan perubahan tersebut karena ingin terus eksis dalam sepak bola profesional. ”Perubahan nama atau pengelolaan itu untuk mempertahankan tim agar tetap ada, PSSI dan AFC pasti sudah mengerti,” kata pria yang pernah berprofesi sebagai wartawan ini. Sudarmaji pun menyampaikan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PSSI dan optimistis lolos proses verifi kasi lisensi AFC. ”Kami kan anggota PSSI. Jadi, kami percaya penuh kalau proses lisensi bakal berjalan lancar,” pungkasnya. (asa/c3/riq)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar