Tanamkan Kerja Sama dan Persahabatan lewat Athletics Day - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA – Athletic Day yang diselenggarakan Sekolah Ciputra diikuti lebih dari 720 siswa dari jenjang SMP dan SMA. Ada enam cabang olahraga yang dipertandingkan, di antaranya lempar lembing, lari estafet, lompat jauh, lompat tinggi, dan lari gawang.

Semua siswa harus mengikuti satu di antara enam cabang olahraga tersebut. Mereka berlomba antar-house atau tim yang sudah dibagi sebelumnya. Siswa dibagi dalam empat tim yang ditandai dengan warna kostum masing-masing. Ada tim kuning, merah, biru, dan hijau. Kemudian, setiap tim juga dibagi, ada kelas perempuan dan kelas laki-laki. 

”SMP dan SMA campur dan siswa membawa nama tim dan bertanggung jawab pada tim masing-masing,” ujar Mr Hendro, koordinator athletics day Sekolah Ciputra.

Sejak pukul 13.00, lapangan ramai dengan gelak tawa, sorakan, dan teriakan siswa menyemangati anggota tim masing-masing. Meski terik matahari menyengat, tidak terlihat lelah dan letih di wajah mereka. Malah, siswa-siswa tersebut begitu antusias demi memberikan hasil terbaik untuk tim masing-masing.

Saat lari estafet yang menjadi lomba terakhir dalam acara tersebut, salah seorang peserta, Bayu Wardana, terjatuh dalam lintasan lari sebelum garis finis karena bersenggolan dengan Moh. Keimal, peserta lainnya. Melihat temannya terjatuh, Moh. Keimal yang sudah mendahului Bayu tidak menyelesaikan perlombaan ke garis finis. Dia berbalik menolong Bayu yang sedang tergeletak di lintasan. 

Siswa yang lain juga lari menghampiri Bayu karena dari jauh Bayu terlihat terguling parah. Beruntung, dia tidak apa-apa dan malah masih mau ikut lomba lagi. ”Jiwa saling menolong seperti itulah salah satu yang ingin ditanamkan lewat event athletics day ini,” ujar Mr Hendro. Dia menambahkan, secara umum tujuan kegiatan tersebut adalah menyeimbangkan antara akademik dan nonakademik siswa. 

Selain untuk kebugaran jasmani siswa, kegiatan tersebut bermanfaat untuk menanamkan jiwa sportivitas, kerja sama, dan tanggung jawab satu sama lain dalam tim masing-masing. ”Nilai mereka dalam tim masing-masing akan diakumulasikan dengan nilai hasil kegiatan lainnya di akhir semester,” ucap Hendro yang juga guru olahraga Sekolah Ciputra. (his/c17/any)