Undang Mahasiswa Ceko Jadi Guru - JPNN.COM

jpnn.com, SIDOARJO – SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo mendapatkan guru spesial kemarin (12/9). Mereka adalah enam mahasiswa S-2 pendidikan dasar asal Palacky University Ceko. Kehadiran mereka disambut antusias. Mata pelajaran yang dibawakan adalah tentang budaya dan global citizen.

“Kami ada kurikulum khusus bernama global citizen. Pembelajaran tentang anak-anak yang masuk penduduk dunia dan harus kenal dunia,” kata Kepala SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Enik Chairul Ummah.

Sejak tiga tahun lalu, sekolahnya rutin mendatangkan pengajar asing untuk mendukung proses belajar. Nah, kemarin dan hari ini (13/9) giliran dari Ceko. Mereka diberi waktu khusus untuk mengajar budaya, makanan khas, letak geografis, perkenalan bahasa Ceko, hingga info pendidikan. 

Menurut Enik, info pendidikan tersebut seperti proses belajar di Ceko untuk SD yang hanya memakan waktu empat tahun. Lalu, jumlah siswa per kelas maksimal hanya 20 siswa dengan jumlah guru per kelas. “Kalau ada anak berkebutuhan khusus, bisa dua guru,” kata Enik.

Tak hanya menerima, para siswa juga mengajak para bule Eropa tersebut memainkan alat musik khas Indonesia seperti gamelan. Selain itu, mereka diperkenalkan dengan batik. “Seperti ini sebagai latihan bahasa Inggris untuk anak-anak juga, langsung ngomong ke native speaker,” tambah Enik.

Pembiasaan tersebut sangat membantu dalam melatih kemampuan bahasa para siswa. Anak-anak lebih berani. Sebelumnya, sejumlah tamu dari negara-negara lain juga dihadirkan. (uzi/c25/hud)