JawaPos.com – Bareskrim Polri berhasil menangkap Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional7 Prabowo, Bagus Bawana Putra yang diketahui sebagai pembuat hoaks tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos. Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik mengaku senang atas ditangkapnya pembuat hoaks tersebut. Menurut Evi, penangkapan itu akan membuat pelaku jera terhadap kegaduhan yang diciptakan.

“Ini untuk juga memberikan efek jera kepada mereka yang suka membuat hoaks ini,” ujar Evi di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (9/1).

Evi juga mengucapkan, terima kasih karena Polri bertindak cepat menangkap pelaku penyebaran hoaks. Sebab, hoaks surat suara sudah tercoblos sangat berbahaya.

“Apalagi ini berkaitan dengan hoaks pemilu, sangat berbah?aya bagi kita kalau dibiarkan dan tidak ditemukan siapa yang bertanggung jawab,” katanya.

Sementara pelaku yang merupakan relawan dari Prabowo Subianto, Evi mengaku tidak ingin mengkomentarinya. Dia memilih menyerahkan kasus itu ke pihak yang berwenang.

“Jadi, ini tunggu saja hasilnya seperti apa dan apa yang disampaikan kepada kita selanjutnya,” pungkasnya.

?Sebelumnya, Direktorat Siber Bareskrim Polri berhasil menangkap pembuat sekaligus buzzer hoax tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok beberapa waktu lalu. Pelaku diamankan di wilayah Sragen, Jawa Tengah pada Senin (7/1)

Saat ditampilkan di hadapan media, wajah pelaku tampak tak asing. Dia merupakan Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional7 Prabowo, Bagus Bawana Putra.

Namun polisi enggan mengaitkan tersangka dengan statusnya di dunia politik. “Kita enggak relawan-relawanan. Kita pure murni penegakkan hukum,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat menggelar konferensi pers di kantornya, Rabu (9/1).

Editor      : Estu Suryowati
Reporter : Gunawan Wibisono