JawaPos.com – Menjelang tahun baru imlek  sejumlah persiapan di klenteng telah dilakukan. Seperti di Klenteng Dewi Kwan Im Palembang yang berada di 10 Ulu Palembang. Antara lain, pemasangan 1.800 lampion di sekitaran klenteng tertua di Palembang itu.

Berdasarkan pantauan, Selasa (29/1) sejumlah aktivitas terlihat di Klenteng Dewi Kwan Im. Warga Tionghoa melakukan pembersihan di beberapa patung, pengecatan tiang, dan penyusunan beberapa kertas ibadah. Bahkan, beberapa juga telah melakukan ibadah.

Humas Klenteng Dewi Kwan Im, Harun mengatakan tidak ada persiapan khusus menyambut perayaan tahun baru Imlek. Pihaknya hanya sebatas melakukan pembersihan hingga pemasangan lampion. Jumlah lampion yang dipasang 1.800 unit.

“Jadi tidak ada yang spesifik persiapan untuk menyambut Imlek ini,” katanya saat dihubungi JawaPos.com,  Selasa (29/1).

Menurutnya, perayaan imlek adalah bentuk rasa syukur warga Tionghoa karena telah diberikan kesempatan di tahun sebelumnya untuk berbuat baik. Selain itu, diberikan rezeki dan kesehatan. Karena itu, dengan perayaan imlek tahun ini diharapkan mendapat kesehatan yang prima, rezeki yang lancar, dan negara yang aman.

“Kalau pun ada permintaan khusus itu tergantung dari individu masing-masing,” terangnya.

Permintaan individu tergantung dari pribadi masing-masing, seperti melakukan doa langsung kepada para dewa, memberikan sejumlah persembahan antara lain melepaskan burung dari sangkar dan lain sebagainya.

“Intinya hukum sebab akibat, jika kita berbuat baik maka kedepan akan ada yang berbuat baik kepada kita,” tutupnya.

Editor           : Yusuf Asyari

Reporter      : Alwi Alim