KOTA MALANG – Wisata heritage atau budaya memang sedang dicanangkan jadi konsep wisata baru di Kota Malang. Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, hal ini menyusul lebihnya angka wisatawan yang mengunjungi Kota Malang, selama 2018 ini.

Menyisakan bulan terakhir di Desember, Disbudpar mencatat hingga 15 ribu wisatawan mancanegara mengunjungi Kota ini di tahun 2018.

“Peningkatan ini samgat signifikan dibanding tahun kemarin,” papar Kepala Seksi (Kasi) Promosi Wisata Disbudpar Kota Malang, Agung H Buana. Sementara wisatawan lokal capai angka 5 juta orang yang mengunjungi Kota Malang.

Tema heritage atau budaya cukup disenangi wisatawan asing. “Bangunan heritage yang dimiliki Kota Malang jadi daya tarik tersendiri bagi mereka,” papar Agung.

Kawasan Kayu Tanganbmenurutnya jika dikelola lagi dengan baik, bakal bisa diubah menjadi kawasan wisata yang bisa jadi landmark heritage Kota Malang. “Tinggal diberikan ornamen- ornamen heritage, pasti suasananya nanti akan kembali,” tutup Dia.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido