JawaPos.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandung mengakui telah mengeluarkan e-KTP dengan kolom agama penganut kepercayaan. Sedikitnya sudah ada enam warga Bandung yang memiliki e-KTP tersebut.

Kepala Disdukcapil Bandung Popong Nuraeni menjelaskan, kolom agama pada e-KTP kini sudah bisa diisi dengan penganut kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Hal tersebut sesuai regulasi baru dari Pemerintah.

“Data yang kami miliki ada 150 penganut kepercayaan di Bandung. Dari data itu yang masuk database ada 108 orang, dan enam orang diantaranya sudah miliki e-KTP (dengan kolom agama penganut kepercayaan),” kata Popong di Taman Sejarah, Bandung, Kamis (28/2).

Disdukcapil menganggap tidak ada hal yang luar biasa dengan pengisian kolom agama tersebut, karena ini telah mengikuti putusan MK. Sepanjang penganut kepercayaan mengikuti prosedur untuk pengisian secara benar maka pihaknya wajib mengeluarkan.

Disinggung soal cara pengajuan, Popong menjelaskan sepanjang warga sudah memiliki e-KTP maka bisa langsung datang ke Dinas Dukcapil Bandung. Warga hanya diminta untuk membawa kartu keluarga (KK).

“Datang ke Disduskcapil atau Kecamatan ikuti prosedur yang harus diikuti, hanya bawa KK saja langsung kami keluarkan,” ujarnya.

Namun untuk mengeluarkan e-KTP dengan kolom agama yang diisi dengan penganut kepercayaan pihaknya hanya bisa menunggu pengajuan dari warga. Popong mengaku tidak bisa mengeluarkan tanpa adanya pengajuan.

“Kepecayaan ini tidak boleh ada embel-embel, ditulisnya kepercayaan kepada Tuhan YME itu saja, mungkin ada alirannya itu tidak boleh (ditulis). Ini agama titik dua kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sudah. Saya tidak ada klarifiskasi, juga tidak ada alirannya apa saja,” jelasnya.

Editor           : Erna Martiyanti

Reporter      : Siti Fatonah