Banjarmasin mungkin bukan destinasi wisata yang populer dikunjungi banyak orang. Namun, Kota Seribu Sungai ini termasuk salah satu kota yang banyak disinggahi terkait dengan urusan pekerjaan. Namun, bukan berarti kota ini tidak menarik buat yang ingin main-main ke sana.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Banjarmasin. Daya tarik kulinernya juga memiliki rasa yang khas, terutama untuk hidangan yang terbuat dari bahan dasar ikan.

Jika kebetulan kamu punya agenda perjalanan ke Banjarmasin, cek tiket Citilink di Traveloka untuk mendapatkan harga dan jadwal terbaik. Nah, temukan juga pilihan oleh-oleh terbaik dari Banjarmasin untuk keluarga dan teman-teman.

  1. Amplang dan Kuku Macan

Camilan kerupuk ini mungkin jadi salah satu hidangan khas yang cukup mainstream. Namun, amplang dan kuku macan memang jadi camilan yang sulit ditolak oleh lidah. Tidak hanya untuk camilan, ada beberapa orang punya preferensi untuk menyantapnya bersama lauk dan nasi panas.

  1. Ikan Seluang Goreng

Sekilas saja, ikan ini mungkin terlihat sama dengan ikan goreng lainnya. Jangan salah, ikan sungai yang diolah dengan cara digoreng ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. Ikan seluang banyak ditemukan di sungai-sungai. Oleh karena itu, ikan ini jadi santapan khas yang sangat mudah diolah.

Ukuran ikan seluang sedikit lebih besar dari ikan teri. Jika digoreng dengan sempurna, teksturnya sangat renyah dan hampir terasa seperti makan kerupuk. Namun, cita rasa ikannya sangat kuat sehingga cocok untuk dijadikan lauk pendamping nasi. Penyimpanannya juga mudah, cukup simpan di dalam sebuah wadah yang tertutup rapat.

  1. Bingka

Camilan adalah oleh-oleh yang paling praktis dibawa untuk keluarga atau teman-teman di kantor. Bingka adalah camilan khas Banjarmasin yang terbuat dari bahan tepung terigu, santan, telur, gula, dan sedikit garam.

Pengolahan kue bingka ini membuat cita rasa gurih yang khas. Kue bingka ini berwarna kuning padat dan biasanya bisa dipotong seperti kue lapis. Camilan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama-sama di rumah atau di kantor karena teksturnya yang sedikit berlemak terlalu mengenyangkan untuk disantap sendirian.

  1. Abon Ikan Gabus

Sudah pernah mencoba abon berbahan dasar ikan? Buat yang sudah biasa makan abon daging sapi, rasa abon yang satu ini akan sama saja. Varian rasa abon yang bisa kamu nikmati mungkin hanya dikombinasikan dengan rasa pedas.

Sebagai menu pendamping nasi yang praktis dan cocok untuk anak kost, abon ikan gabus ini pas sekali dijadikan sebagai oleh-oleh. Olahan ikan gabus dan bumbu rempahnya memberikan cita rasa yang khas. Rasa abon ini juga tidak mendominasi sehingga cocok untuk dijadikan kombinasi dengan berbagai jenis hidangan lainnya.

  1. Brownies Labu

Buah labu dikenal banyak tumbuh subur di kawasan Kalimantan, khususnya Banjarmasin. Olahan brownies menjadi salah satu ide camilan kuliner yang mudah diterima oleh lidah orang Indonesia. Tidak heran, kamu juga akan menemukan olahan brownies labu sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin. Seperti brownies pada umumnya, kue favorit ini memiliki tekstur yang lembut dan ringan untuk dijadikan camilan. Namun, bahan dasar labu yang digunakan untuk membuat brownies pasti membuat orang penasaran.

Saat berkunjung ke Banjarmasin, perhatikan saja menu kuliner ini sepanjang perjalanan. Kalau sudah menemukan di salah satu toko oleh-oleh, kamu tinggal menentukan berapa banyak jumlah yang ingin kamu bawa. (*)

Foto : Nahdlatululama.id