Pekt sembako yang diserahkan tim Alfamart ke warga kurang mampu di Sidomulyo hari ini (11/2)

MALANG –PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) dan Yayasan Baghrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) gencar menyalurkan paket sembako Donasi-Ku (donasi konsumen) buat masyarakat pra sejahtera di Malang Raya.

“Pekan kemarin, kami menyalurkan paket sembako Donasi-Ku di tiga titik,” ungkap Regional Corcom Manager PT SAT, M Faruq Asrori kepada radarmalang.id hari ini (11/2).

Mereka adalah warga pra sejahtera di Jl Kauman, Kecamatan Lawang; dan Desa Kenongo, Kecamatan Wagir dan Joyo Agung, Kecamatan Lowokwaru. Kegiatan penyaluran juga akan berlanjut pekan depan, tepatnya tanggal 14 Februari 2019. “Pekan ini ada lima lokasi di Malang Kabupaten dan Kota Batu,” katanya.

Paket sembako disalurkan di Jl Kyai Parseh Jaya Bumiayu, Kecamatan Kedung Kandang; Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo; Sidomulyo Batu; Krajan Kecamatan Pagak; dan Sumber Kradenan Kecamatan Pakis.

Mantan jurnalis ini menjelaskan, Donasi-Ku (donasi konsumen) merupakan uang receh yang dikumpulkan dari kembalian konsumen yang berbelanja di Alfamart. Sepanjang tahun 2018, Donasi-Ku yang terkumpul secara nasional mencapai angka Rp 8,271 miliar. Pengelolahan Donasi-Ku dilakukan tiga yayasan kredibel berskala nasional, yakni Baitul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI), LazizNU, dan LazizMU.

General Manager Corporate Communication PT SAT, Ivan Hermawan mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan membantu keluarga prasejahtera di Tanah Air melalui program Donasi-Ku tersebut.

“Periode Januari – Maret sebesar Rp 2,277 miliar disalurkan oleh BMCI berupa paket sembako gratis. Periode April – Juni sebesar Rp 2,262 miliar disalurkan oleh LazizNU berupa khitan massal gratis dan perbaikan rumah ibadah. Periode Juli – Desember sebesar Rp 4,181 miliar disalurkan oleh LazizMU berupa paket perlengkapan sekolah dan ragam bantuan sosial,” jelasnya.

Pencapaian donasi konsumen 2018 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun-taun sebelumnya. Di 2017 terhimpun Rp 10,569 miliar, di 2016 sebesar Rp 28,365 miliar, tahun 2014-2015 sebesar Rp 33,5 miliar.

“Program Donasi-Ku ini legal dan bukan kategori CSR (Corporate Social Responsibility), melainkan Corporate Cause Promotion (CCP). Perusahaan memfasilitasi dan mengajak masyarakat berpartisipasi untuk berbuat kebaikan pada sesama, sedangkan penyalur donasi adalah yayasan atau pihak ketiga yang kredibel,” jelasnya.

Melalui rangkaian program Donasi-Ku, konsumen Alfamart dapat turut berpartisipasi dan menunjukkan kepedulian dalam membantu sesama. “Prinsipnya dari masyarakat, untuk masyarakat. Karena sesuatu yang kecil jika dihimpun dan disalurkan dengan baik serta dapat dipertanggungjawabkan, akan memberi manfaat besar bagi mereka yang membutuhkan,” tandasnya.

Penyunting : Fia
Foto: Alfamart for Radar Malang