All England 2019: Jalan Untuk Ahsan / Hendra Semakin Terbuka - JPNN.COM

jpnn.com, BIRMINGHAM – Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan mungkin hanya berstatus ganda putra nomor tiga Indonesia di All England 2019. Status tersebut tentu saja tak biasa bagi pasangan yang sudah mengoleksi dua gelar juara dunia, meski memang posisi tersebut sangat bisa dimengerti karena usia mereka sudah berkepala tiga.

Sejak berpisah setelah kegagalan getir di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Hendra dan Ahsan kembali berpasangan pada 2018. Meski sempat sangat diragukan, sedikit demi sedikit performa mereka terus menanjak.

Ahsan / Hendra menjadi kampiun Singapore Open 2018 dan mencapai final Indonesia Masters 2019. Saat ini, Hendra, 34, dan Ahsan, 31, menempati posisi nomor tujuh dunia.

Kemarin, di Arena Birmingham, Ahsan / Hendra sukses melaju ke perempat final All England 2019. Hasil itu adalah peningkatan karena tahun lalu mereka sudah terhenti di babak 16 besar. Ahsan / Hendra mengalahkan ganda Rusia Vladimir Ivanov / Ivan Sozonov dengan skor 21-19 dan 21-18. Itulah kemenangan kelima Ahsan / Hendra dalam lima pertarungan melawan juara All England 2016 tersebut.

’’Secara head-to-head, kami memang menang, tetapi setiap pertandingan tidak mudah. Selalu saja ketat. Sebab, melawan mereka itu kalau bola naik sedikit saja, akan dihajar,’’ kata Ahsan yang ditemui di mixed zone Arena Birmingham setelah pertandingan. 

(Baca Juga: Cerita Tommy Sugiarto soal Kartu Merah dan Peran Ahsan / Hendra)

Hendra menambahkan bahwa salah satu kunci kemenangan mereka adalah perubahan taktik, terutama dalam mengantisipasi servis lawan. Mereka tidak terpancing dengan permainan bola-bola atas yang menjadi kegemaran Ivanov / Sozonov. Maklum pasangan tersebut berpostur jangkung 197 cm dan 184 cm.

Hari ini Ahsan / Hendra berpeluang melaju ke semifinal. Mereka akan menghadapi pasangan non-unggulan Mark Lamsfuss / Marvin Seidel. Kemarin pasangan Jerman itu secara mengejutkan mengalahkan ganda putra Tiongkok He Jiting / Tan Qiang dalam dua set langsung 22-20 dan 21-14.