Asian Games 2018: Ini Susunan Pemain Laos Vs Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Timnas Indonesia ikut ajang Piala AFF U-22, yang sempat vakum selama 14 tahun. Edisi pertama sekaligus yang terakhir sebelum mati suri, diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 2005 silam. Tim Gajah Putih keluar sebagai pemenang.

Turnamen ini menjadi keikutsertaan bagi tim nasional (timnas) Indonesia yang pertama. Sebenarnya pada tahun 2011, Indonesia nyaris menjadi tuan rumah namun turnamen dibatalkan.

Pada edisi kedua ini, Indonesia berada di grup B bersama Malaysia, Kamboja, dan Myanmar. Sebenarnya masih ada Singapura. Namun, Singapura mengundurkan diri lantaran ingin fokus untuk persiapan kualifikasi AFC.

Hal ini juga terjadi pada Brunai Darussalam dan Laos yang sebelumnya tergabung dalam grup A. Mereka turut mengundurkan diri.

Melihat hasil drawing grup B, posisi Indonesia cukup menguntungkan. Tim Garuda diunggulkan bersama rival abadi mereka, Malaysia. Dalam skuad timnas U-22 ini memang diisi beberapa pemain dari U-19 yang mengikuti Piala AFF U-19 tahun lalu.

BACA JUGA: Banyak Exco Mundur dan Jadi Tersangka, SOS Sarankan PSSI Segera KLB

Pada AFF U-19 2018 lalu, Malaysia menjadi juara. Sebelumnya mereka mengalahkan Indonesia pada babak semifinal.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri mengatakan, turnamen AFF ini memang digunakan sebagai salah satu perispan tim menuju kualifikas AFC dan SEA Games. Meski begitu, pelatih berusia 56 tahun itu memiliki target tersendiri pada turnamen kali ini.