JawaPos.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Solo akan mengundang tiga rumah sakit, besok (7/1). Sebelumnya, kerja sama dengan ketiga rumah sakit itu sempat terhenti. Ketiga rumah sakit itu adalah Rumah Sakit Umum Islam ( RSUI) Kustati Solo, RS Amal Sehat Sragen dan RS Amal Sehat Wonogiri.

Kepala BPJS Kesehatan Solo Agus Purwono menyampaikan, pihaknya sudah menerima surat rekomendasi dari Menkes bernomor HK.03.01/Menkes/768/2018 tanggal 31 Desember 2018 perihal perpanjangan kerja sama rumah sakit dengan BPJS.

“Senin (7/1) akan kami panggil rumah sakit, ini kan tinggal teknisnya. Payung hukumnya sudah ada,” urai Agus kepada JawaPos.com, Minggu (6/1).

Pemanggilan itu sekaligus menandai dibukanya kembali pelayanan pasien BPJS di tiga rumah sakit tersebut. Menurut Agus, kembalinya kerja sama ini tidak akan memakan waktu lama. Sebab sebenarnya semua persiapan MoU sudah disiapkan oleh pihak rumah sakit.

“Hari itu juga akan langsung bisa melayani pasien BPJS, MoU juga sudah dipersiapkan oleh pihak rumah sakit. Jadi bisa langsung melayani,” katanya.

Yang mungkin menjadi ganjalan adalah penyampaian informasi kepada masyarakat. Mengingat, sebelumnya muncul informasi tidak lagi kerja sama. Kemudian disambung lagi dengan kerja sama. Meski begitu, pihaknya optimistis informasi ini bisa cepat tersampaikan kepada masyarakat.

“Sekarang kan mudah, kan media cepat (menyampaikan),” pungkasnya.

Editor      : Dida Tenola
Reporter : Ari Purnomo