BAKTI Kerja Keras Selesaikan Palapa Ring Tengah Akhir 2018 - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sedang berusaha keras menyelesaikan konstruksi fisik Palapa Ring Tengah.

Unit organisasi noenselon di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemekominfo) itu optimistis mampu memenuhi target penyelesaian proyek itu pada akhir 2018.

Direktur Utama BAKTI Anang Latif mengatakan, saat ini progres pembangunan fisik Palapa Ring paket tengah sudah mencapai 98,56 persen.

Dia menambahkan, pengerjaan hanya menyisakan salah satu ruas untuk penyambungan kabel darat. 

“Seluruh konstruksi fisik Palapa Ring Tengah telah rampung. Saat ini sudah memasuki tahapan testing seperti uji penerimaan pendahuluan dan uji laik operasi. Dengan kondisi saat ini, kami dapat melaksanakan proses uji coba per bagian tanpa menunggu penyelesaian satu ruas yang tersisa,” ujar Anang, Selasa, (6/11).

Dia menambahkan, pekerjaan menggelar dan menyambung serat optik dalam proyek Palapa Ring Tengah telah mencapai 1.289 km kabel darat dan 1.706 km kabel laut dengan microwave tujuh hops.

Nantinya terdapat lima ruas dengan dua di antaranya yang tidak terhubung dengan kabel laut.

Hal itu untuk menghubungkan 17 kota/kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara.