JawaPos.com – Usia remaja merupakan masa yang penting dalam menumbuhkan karakter dari pelajar. Sebelum mereka menyelesaikan studinya di tingkat SMA, para siswa harus menyiapkan agar bisa memiliki jiwa sosial yang baik.

Sebagaimana dilakukan pihak SMAN 8 Jakarta. Mereka memberangkatkan siswanya selama tiga hari ke tengah masyarakat untuk menggelar Temu Sosial dan Ilmiah SMA Negeri 8 Jakarta (Tesis).

Pada tahun ini Tesis itu berlangsung di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Ciwidey Bandung selama empat hari, Jumat (14/12) Senin (17/12). Kepala SMAN 8 Agusman Anwar Tesis mengungkapkan, kegiatan Tesis ini bermula dari keprihatinan akan minimnya nilai-nilai kehidupan pada diri siswa. Akhirnya ketika dimulai pada 2001, SMA Negeri 8 Jakarta menciptakan sebuah laboratorium sosial dan spiritual dalam bentuk kegiatan Temu Sosial dan Ilmiah SMA Negeri 8 Jakarta (Tesis).

Pada 2018 ini Tesis kembali digelar yang diikuti oleh 352 siswa kelas XI. Baik dari jurusan IPA maupun IPS. “Saya selaku kepala sekolah mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan TeSIS ini sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada peserta didik khususnya siswa kelas XI,” tutur Agusman Anwar dalam keterangan persnya, Senin (17/12).

Agusman menjelaskan, rangkaian kegiatan tesis itu terdiri atas pelatihan dan bimbingan penulisan ilmiah, pengambilan sample atau data dengan cara terjun ke lapangan sekaligus melakukan bakti sosial. Lebih dari itu, agar para siswa itu menjadi pribadi yang terampil, tangguh dan peka terhadap lingkungan sosial.

Dari data yang didapat itu, lalu dianalisis dan disajikan dalam bentuk tulisan yang kemudian di presentasikan di depan penguji. Karya ilmiah itu dikerjakan secara kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 9 siswa.

Ketua OSIS SMAN 8 Jakarta Timoty mengaku selama mengikuti Tesis tinggal di rumah warga. Di sana dia belajar langsung soal manajemen waktu di dalam keluarga. Mulai dari beres-beres kamar, memebersihkan rumah, mencuci baju dan sebagainya.

“Kami mengikutinya dengan gembira. Ini kegiatan yang seru,” tutur Timoty.

(iil/jpg/JPC)