JawaPos.com- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berencana membangun rumah kompos sebagai bentuk perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Sabtu (23/2). Bupati Sidoarjo Saiful Ilah turun langsung dengan melakukan peletakan batu pertama. Rumah kompos tersebut akan didirikan di kawasan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Tambakrejo, Waru.

Dalam sambutannya, Saiful menekankan tentang pengelolaan sampah yang harus segera dimodernisasi.

“Solusi sampah ada dua, yaitu dengan teknologi atau kesadaran masyarakat,” ungkap orang nomor satu di kota Delta itu.

Namun, penggunaan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) membutuhkan persiapan yang panjang. Sehingga upaya yang saat ini bisa dilakukan adalah dengan mengikutsertakan masyarakat untuk peduli dalam mengeola sampah sampah.

“Beberapa perumahan di Sidoarjo sudah membuat bank sampah, para aktivis lingkungan juga semangat bergerak. Semoga ini bisa menginspirasi semua masyarakat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala DLHK Sigit Setyawan juga menyampaikan pentingnya kesadaran masyarakat tentang sampah. Bahkan dia mengaku pernah menjumpai kejadian memilukan saat sedang berkeliling meninjau kawasan kota Delta.

“Sampahnya memang dibuang, tapi tempat sampahnya dibawa pulang. Nyesek ndeloke (Menyesakkan melihatnya),” ungkapnya.

Pihaknya akan terus berupaya melakukan inovasi pengolahan sampah. Sidoarjo menargetkan, 2025 sudah bisa move on dari permasalahan sampah.

“Sidoarjo bersih, sehat, dan bernilai,” tegasnya.

Editor           : Dida Tenola

Reporter      : Ludry Argo Wisnu Prayoga