Banser dan Ansor mendatangi Satreskrim Polres Malang

MALANG – Ketua GP Ansor Kabupaten Malang, Husnul Hakim Sa’adat, Sabtu, (5/1) siang ini bersama Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Malang ramai-ramai datang ke Polres Malang.

Mereka berniat melaporkan Ustad Sa’adullah Basumi asal Sukorejo, Pasuruan yang diduga melakukan hate speech atau ujaran kebencian saat ceramah peringatan Haul salah satu tokoh masyarakat di Dusun Baran Kidal, Tumpang, Kabupaten Malang.

“Ceramah juga dihadiri ribuan jamaah, dan saat ceramah ada ujaran kebencian terhadap institusi, NU dan Ansor yang secara spesifik dia menyebut banser di situ,” ujar Husnul Hakim usai bertemu Kasat Reskrim.

Selain itu, KH Ma’ruf Amin juga kena singgung. Dalam video, Hakim menyebut Amin juga sempat disebut sebagai PKI. “Bukti bukti sudah kita serahkan kepolisian di sini, kami bersama NU, Banser melaporkan Ustad Sa’adullah ini yang melakukan ceramah di Tumpang,” tambah Dia.

Harapannya penegakan umum segera dilakukan oleh pihak kepolisian, karena hal ini menyangkut institusi GP Ansor dan NU. “Di acara shalawatan, waktu itu kami menerima video itu dan ada saksinya ini juga ikut dengan kita dan juga hadir waktu itu,” tutup Hakim.

Ustad dalam video tersebut diduga berasal dari Sukorejo, Pasuruan. Maka dari itu NU Kabupaten Malang juga mengaku berkoordinasi dengan PC NU Pasuruan untuk kasus ini.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido