Alat peraga kampanye Jokowi

KOTA BATU – Pemilu 2019 semakin dekat, beragam alat peraga kampanye (APK) yang bertebaran di luar aturan juga bertahap ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu.

Sayangnya, masih banyak APK yang menempel di fasilitas umum seperti di bagian belakang kaca angkutan kota (angkot) masih belum terjamah Bawaslu.

“Memang belum disasar untuk yang di angkot. Sebenarnya itu melanggar karena angkot kan fasilitas umum. Kecuali mereka memasangnya di mobil pribadi,” ungkap Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Batu, Supriyanto.

Meski begitu, dalam kurun waktu dua minggu kedepan jika tidak dilakukan pencopotan maka pihak Bawaslu akan merazia untuk dilepas paksa. “Rencananya kan setelah Natal kemarin, tapi karena musim liburan jalanan juga macet tidak memungkinkan. Nanti rencana dalam dua minggu lagi kita akan lakukan penertiban,” imbuhnya.

Tak hanya itu, penertiban APK yang melanggar aturan juga terus dilakukan terjadwal. Pasalnya meski sudah diturunkan, masih banyak bermunculan APK baru yang tetap berada di tempat umum.

“Dua minggu sekali selalu kita jadwalkan, kita sudah peringatkan tapi masih saja ada yang melanggar. Padahal semua pemasangan APK itu sudah diatur dalam peraturan wali kota,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Darmono