KOTA BATU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu melakukan pencopotan Alat Peraga Kampanye di tiga kecamatan di Kota Batu, Rabu (12/12). Setidaknya ada 41 baliho dan 25 spanduk tidak sesuai aturan penempatan.

Salah satu anggota Bawaslu Kota Batu, Supriyanto menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberi kesempatan partai menertibkan APK nya. Namun, hingga hari penertiban masih banyak dijumpai yang melanggar.

“Kita agendakan penertiban ini setiap 2 minggu sekali. Sebelum itu ya kita peringatkan, melalui pendataan dan kajian masih ada yang melanggar. Akhirnya kami bersama Satpol PP mengeksekusi itu,” ujarnya.

Pelanggaran yang sering dilakukan calon legislatif maupun partai politik yakni melakukan pemasangan APK di pohon, tiang listrik, dan di area dekat ruko.

“Tadi itu bahkan sampai ada yang menutupi ruko. Ini kan melanggar, kasian yang punya ruko. Bahkan pemilik ruko sampai berterima kasih karena APK sudah diturunkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pihak Bawaslu mengharapkan setiap parpol melakukan koordinasi untuk lokasi pemasangan APK yang sesuai aturan.

“Kami harap kedepan ini tidak banyak dan seera dikoordinasikan. Agar pemasangan APK ini sesuai dengan lokasi-lokasi yang ditentukan,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Aris Dwi Kuncoro