Enam Trik Agar Wajah Tampil Segar dan Anti Kusam Saat Lebaran

ZETIZEN MALANG – Lebaran tinggal menghitung hari nih. Eh, tapi kok muka kelihatan kusam sih? Gak bisa tampil total dong buat menyambut hari yang fitri nanti!

Tenang girls, kamu bisa kok membuat wajah nampak fresh, cerah, dan anti kusam hanya dalam 3 hari aja. Mengutip dari Elle (21/5), berikut 6 cara boost up kulit wajah dari ahli dermatologist dalam waktu singkat.

1. Kurangi Produk Susu

Hormon progesterone dan insulin yang biasa ditemukan di susu sapi ternyata bisa meningkatkan potensi peradangan yang bisa memicu jerawat. Meski sedang tidak berjerawat, ada baiknya hindari produk diary (berbahan dasar susu) seperti keju, butter, ice cream, dsb.

2. Aktif Olahrga

Sudah jadi beauty hacks populer bahwa olahraga hingga berkeringat bisa membuat wajah glowing! Sebab olahraga mampu mengeluarkan kotoran dan mendorong sirkulasi darah sehingga lebih banyak asupan oksigen yang diterima sel-sel tubuh. Setelah keringat keluar, jangan lupa untuk cuci muka ya!

3. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kulit sehat berasal dari pola makan yang tepat. Konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin A seperti worte dan mangga bisa melawan kerutan yang muncul, lalu papaya, brokoli, dan stroberi yang kaya vitamin C untuk menangkal radikal bebas, serta vitamin E seperti bayam dan alpukat untuk menyetop peradangan di kulit.

4. Aplikasikan Masker Sebelum Tidur

Jangan lupa pasang masker sebelum pergi tidur. Di malam hari saat tubuh istirahat, sel-sel akan bekerja memperbaiki diri, membuat kandungan nutrisi dalam masker bakal teresap lebih mudah dan maksimal. Hasil lebih baik bisa kamu dapat dengan eksfoliasi untuk menghilangkan kulit mati terlebih dahulu sebelum aplikasi masker.

5. Hindari Stress

Saat tubuh merasakan tertekan, hormon adrenalin dan kortisol akan diproduksi lebih banyak, berujung timbulnya masalah kulit seperto jerawat, iritasi, dan gatal-gatal. Karena itulah penting untuk menjaga fisik dan mental rileks. Minum secangkir teh sebelum tidur bisa dicoba tuh untuk memberi efek tenang!

6. Jangan Lupakan Air Putih

Menjaga kulit tetap lembab penting untuk menghilangkan garis halus dan kerutan, dan air putih jadi solusi paling baik agar kulit tidak dehidrasi. Saat kulit lembab, wajah segar pun bisa didapat. Asiknya, air putih juga ampuh untuk mengurangi hasrat mengkonsumsi makanan manis yang kurang baik bagi kesehatan.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: Pinterest

Editor: Indra M