PSBB Malang Raya, Fitur Go-Ride pun ‘Menghilang’

KOTA MALANG – Jangan kaget ketika membuka aplikasi Go-Jek, Anda tidak akan menemukan fitur Go-Ride. Sebab, selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Malang Raya, ojek online memang tak bisa mengangkut penumpang.

Namun, ojol tetap bisa mengantarkan makanan atau barang. Sementara untuk fitur Go-Car juga masih bisa digunakan. Namun dengan catatan, kapasitas penumpang maksimal hanya boleh terisi 50 persen.

“Saya mulai kemarin nggak bisa pesan Go-Ride. Yang keluar hanya menu pilihan mobil. Itu pun batas penumpangnya 2 orang. Kalau dulu kan ada yang 4 atau 6 orang,” ujar Manda, salah satu mahasiswi Universitas Brawijaya.

Peraturan ini tentu saja menghambat mobilitasnya. Apalagi ia di Kota Malang adalah anak rantau yang tak punya kendaraan pribadi. Beralih ke layanan roda empat juga tidak segampang itu, lantaran tarifnya yang lebih tinggi dari roda dua.

“Tapi gimana lagi, untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Andy, salah satu driver mitra GoJek mengatakan, sejak Minggu (17/5) layanan antar penumpang ditiadakan. Hanya tersedia menu layanan antar makanan, barang, hingga obat saja.

“Kalau mobil berkapasitas maksimal 2 orang itu sudah sejak beberapa minggu lalu. Kalau yang layanan antar penumpang kendaraan roda dua ini memang baru kemarin,” beber dia.

Namun demikian, ia mengaku tak keberatan dengan peraturan ini. Sebab sejak Covid-19 ia sudah jarang menerima permintaan antar penumpang.

“Saya memang sudah lama lebih banyak terima pesanan makanan. Apalagi kalau puasa, sore itu sudah ramai banget. Jadi ya meskipun nggak ada penumpang Go-Ride pun nggak masalah,” tegas dia.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor: Indra M