Bayar Rekening Air PDAM Kota Malang Lebih Mudah via Online

Direktur Utama PDAM Kota Malang M Nor Muhlas menunjukkan alur pembayaran tagihan air PDAM melalui layanan e-Invoice dan e-Struk.

MALANG KOTA – Kini lebih mudah bayar tagihan air di PDAM Kota Malang tanpa harus bertatap muka. Pasalnya, Perumda Tugu Tirta ini tengah menggencarkan pembayaran berbasis online. Yakni dengan melakukan pembayaran #dirumahsaja. Nantinya, pelanggan akan mendapatkan e-Invoice dan e-Struk sebagai bukti tagihan dan pembayaran rekening air PDAM.

Direktur Utama PDAM Kota Malang M Nor Muhlas mengatakan bahwa pembayaran online ini juga sebagai upaya dalam pencegahan Covid-19. Yakni dengan meminimalisir pelanggan melakukan pembayaran di kantor PDAM Kota Malang. Hal ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah terkait dengan social distancing. ” Pelanggan tidak perlu ke kantor PDAM. Hanya tinggal melakukan pembayaran lewat online saja,” terangnya.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan e-Invoice dan e-Struk pelanggan tinggal mengisi data dicatat mandiri di website PDAM Kota Malang terlebih dulu. Pelanggan wajib mengisi email, sebab nantinya e-Invoice dan e-Struk akan dikirimkan ke alamat email pelanggan. “Pelanggan akan mendapatkan e-Invoce untuk melakukan pembayaran dan e-Struk sebagai bukti pembayaran setiap bulannya melalui email yang terdaftar,” papar Muhlas.

Tentunya, dalam pembayarannya pun juga lebih gampang. Yakni dapat dilakukan melalui ATM di beberapa bank (BRI, Bank Jatim, BTN, BNI, Mandiri, Cimb Niaga, dan Mega Syariah, Bukopin), Kantor Pos, Minimarket, marketplace, aplikasi Ojek Online, dan lainnya. Pelanggan juga bisa melakukannya via e-Banking. “Pelanggan dapat melakukan pembayaran di mana pun. Kalau ada kendala atau membutuhkan informasi lebih lanjut bisa hubungi call center kami atau via sosial media PDAM kota Malang,” tegasnya.

Muhlas juga memaparkan sebagai antisipasi gangguan pemasokan air, PDAM Kota Malang juga akan siaga saat Lebaran. Melihat aktivitas masyarakat lebih banyak di rumah saja. ” Walaupun libur, kami tetap siaga dalam menangani masalah pelanggan. Nanti juga ada petugas piketnya yang akan memperbaiki. Terpenting di hari raya kami tetap melayani pelanggan agar pasokan air bersih tidak terhambat,” tutupnya.

Pewarta: Rofia Ismania
Foto: Rofia Ismania
Editor: Hendarmono Al Sidarto