Virtual Wedding, Konsep Resepsi Pernikahan di Era New Normal

SURABAYA – Pandemi Covid-19 telah mengubah semua tatanan. Termasuk rencana-rencana indah untuk memulai hidup baru. Jadwal pernikahan yang telah dirancang dengan matang pun harus dibatalkan karena pemberlakukan social distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan beberapa waktu lalu.

Nah, karena kini telah memasuki era new normal, tak ada salahnya me-rescedul moment bersejarah tersebut. Karena kini telah hadir konsep virtual wedding, sebuah pernikahan berbasis digital seperti yang diusung Berkah Enterprise. Gagasan virtual wedding itu sangat berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

“Kami mengemas resepsi pernikahan dengan gaya kekinian,” ungkap Co CEO PT Berkah Catering Nusantara, Ariyas Puji Astutik.

Seperti apakah modelnya? Ariyas menerangkan, virtual wedding yang mereka hadirkan digelar dengan memanfaatkan platform aplikasi video conference yang banyak digunakan saat ini. Yakni zoom cloud meeting. Teknisnya, konsep resepsi digital akan menghubungkan sang mempelai berikut keluarganya dengan para tamu undangan. Jadi, para tamu cukup memberikan restu melalui video conference tersebut.

“Dengan dukungan lisensi zoom pro yang mampu menampung hingga 1.000 partisipan, pasangan pengantin bisa bertatap muka dengan tamu-tamu melalui layar lebar,” terang pengusaha muda ini.

Dan jangan bayangkan acara tersebut akan gersang. Karena tetap bakal disajikan layaknya sebuah resepsi pernikahan sebelum pandemi covid-19 menyerang. Menggandeng vendor-vendor wedding ternama di kota metropolis Surabaya, seperti Rani Agus + Miss Deny untuk MuA, Caldera Cinematic & Mojave Cinemedia untuk foto dan video, MC Suratman, serta Fathan Gift Shop untuk suvenir, membuat virtual wedding ini berlangsung dengan sangat meriah. Lokasi serta dekor yang dipilih pun tak main-main, Barn Event Hire Surabaya.

“Simulasi virtual wedding kami gelar 26 Juni lalu dengan melibatkan semua vendor itu. Kami membuka harga dengan budget mulai Rp 30 juta,” tukas istri CEO Berkah Group tersebut.

Karena berlangsung secara virtual, tentunya para tamu tidak bisa menikmati hidangan khas pesta perkawinan. Untuk ini pun, menurut Ariyas, pihaknya telah menyiapkan sebuah ide yang tak kalah cemerlang. Yaitu mengganti sajian pesta dengan hampers berisi nasi kotak spesial produksi Berkah Catering plus suvenir yang akan dikirimkan ke rumah para undangan. Berasa banget kan pergi ke kondangan meski tetap di rumah saja.

“Kami berharap, konsep virtual wedding ini menjadi pilihan untuk menggelar resepsi pernikahan yang berbeda di masa pandemi ini,” tandas dia.

Foto: istimewa
Penyunting: Fia