MALANG – Lagi, facebook dan instagram kembali down. Dua jejaring sosial yang berada di satu atap perusahaan itu terpantau tidak bisa diakses normal hingga saat ini, Kamis (14/3) pukul 07.52 WIB.

Berdasarkan penelusuran radarmalang.id, pengguna instagram masih bisa melihat feed, timeline hanya menampilkan foto lebih dari dua jam terakhir dan fitur notifikasi like sama sekali tidak berfungsi. Sementara di Facebook, seperti messenger, postingan feed bahkan update story juga bermasalah.

“Kami sadar akan adanya masalah yang berdampak pada akses Instagram saat ini. Kami tahu ini mengecewakan, dan tim kami sedang bekerja keras untuk memperbaiki ini secepat mungkin,” tulis instagram melalui akun twitternya @instagram.

Tak hanya instagram. Facebook juga menulis klarifikasi yang sama. Melalui akun instagramnya, @facebook. “Kamis sadar kalau semua orang kini sedang mengalami masalah dalam mengakses aplikasi Facebook dan keluarganya. Kami sedang menyelesaikan masalah ini,” katanya

Sejauh ini, keduanya belum memberikan konfirmasi terkait alasan permasalahan tersebut. Meski demikian, mereka memastikan jika ini bukan lantaran peretasan ataupun serangan DOS pada sistem.

Sementara itu, melansir dari The Verge, Oculus VR yang dimiliki Facebook juga sempat ikut down. Bahkan WhatsApp yang menjadi anak perusahaan Facebook juga terkena imbasnya. Meskipun hanya sedikit dari aspek WA Story.

The Verge juga mencatat, tak hanya di Indonesia. Hal ini juga berdampak hingga beberapa negara lainnya. Seperti Paraguay, Argentina, Brazil, India dan Bangladesh.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Istimewa
Penyunting : Fia