MALANG KOTA – Pelatih Arema FC Milomir Seslija berencana menggelar traning center (TC) atau pemusatan latihan sebelum liga bergulir. ”Mungkin setelah lawan Timnas Indonesia U-22,” kata Milo kemarin (6/2).

Kapan pun waktunya, Milo menyebutkan, TC sangat penting untuk timnya. Selama ini, dia menjelaskan, kondisi fisik dan skill pemain terus meningkat dari sesi latihan dan pertandingan yang sudah dijalani.

Namun, kondisi itu belum membuatnya merasa lega. ”Karena itu kami ingin TC, yang nantinya lebih untuk character building. Agar ada chemistry dan ada sesuatu yang baru,” ungkap pelatih dengan lisensi UEFA Pro itu.

Nantinya, Milo menjelaskan, TC akan dibantu dokter dan juga ahli psikologi. ”Ya, membawa psikologi dan dokter untuk membangun mental, membuat pemain terbuka sehingga tidak panik dalam sebuah kondisi. Sebab, sepak bola tidak hanya butuh fisik, tapi adanya lebih baik dengan mental yang bagus,” terang Milo.

TC nantinya akan diadakan di Batu. Suasana kebersamaan akan dibangun di sini sebelum Liga 1 dimulai.

Sementara itu, General Manager Arema FC Ruddy Widodo setuju dengan konsep TC. ”TC memang kami fokuskan untuk membentuk character building, tidak pada fisik lagi,” ungkap dia saat ditemui di kantor Arema FC.

Jadi, kegiatan lebih bagaimana meningkatkan kekompakan dan mengasah mental para pemain. ”Bisa jadi melalui beberapa kegiatan bersama, seperti main paint ball dan lain-lainnya,” ungkap dia.

Durasi TC mungkin tidak akan panjang. ”Paling sekitar empat hari,” kata dia.

Namun, hingga saat ini, manajemen belum memutuskan kapan TC itu akan digelar. Mereka masih menunggu kepastian jadwal Babak 16 Besar Piala Indonesia. ”Jika babak 16 besar digulirkan saat kompetisi, setelah lawan timnas ini bisa kami lakukan TC. Namun, kalau ternyata jadwalnya (16 besar Piala Indonesia) pertengahan ini, nanti akan kami cari jeda waktu yang ada sebelum Liga 1 bergulir,” tandasnya.

Pewarta               : Aris Dwi Kuncoro
Copy Editor         : Dwi Lindawati
Penyunting         : Indra Mufarendra
Fotografer          : Rubianto