Kadisdik Kota Malang Zubaidah (tengah) didampingi General Manager Radar Malang Don Virgo meninjau pelaksanaan tryout kejujuran di SD Rampal Celaket 1

MALANG – Tryout Kejujuran tingkat SD se Malang Raya yang digelar Jawa Pos Radar Malang Kamis (28/2) serentak diikuti oleh 47.381 siswa SD. Mereka antusias mengerjakan soal-soal ujian yang dimuat di koran.

Para siswa tersebut yang berasal dari Kabupaten Malang sebanyak 30.151 siswa, Kota Malang 14.930 siswa dan Kota Batu sebanyak 2.300 siswa.

Dari pantauan radarmalang.id, para siswa mengerjakan soal di beberapa tempat. Ada yang di dalam kelas seperti biasa, ada yang mengerjakan di teras sekolah ada juga yang di halaman sekolah. “Anak-anak senang mengerjakan soal di koran,” kata Project officer Tryout Kejujuran Ardi Pratama.

Menurut Ardi, seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Tryout Kejujuran tingkat SD berlangsung aman dan lancar. Para siswa mengerjakan dengan santai karena mereka tidak diawasi secara ketat sebagaimana ujian yang sesungguhnya. “Namanya saja tryout kejujuran, jadi memang tidak diawasi,” tutur Ardi.

Sementara itu, untuk mengumpulkan lembaran jawaban, Radar Malang bekerjasama dengan volunteer tryout kejujuran. Mereka disebar di seluruh wilayah di Malang Raya untung mengambil lembar jawaban dari sekolah-sekolah yang mengikuti tryout.

Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Don Virgo