JawaPos.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo akan tetap membuka layanan perekaman e-KTP saat pemungutan suara pada 17 April 2019. Sekalipun tanggal tersebut merupakan libur nasional. Ini sesuai dengan instruksi Menter Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk mempercepat penyelesaian perekaman e-KTP.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Solo Supraptiningsih mengatakan, layanan perekaman KTP el tidak hanya buka saat libur nasional saja. Tetapi juga buka pada Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4).

“Kami memberlakukan sistem piket. Ini juga sesuai dengan instruksi Kemendagri agar menyukseskan Pemilu. Jadi jika ada warga yang tinggal di luar daerah pas pulang kampung, bisa melakukan perekaman e-KTP,” katanya, Sabtu (13/4).

Layanan perekaman e-KTP dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Untuk pencetakan bisa dilakukan pada hari yang sama. Jadi pemohon tidak perlu menunggu untuk melakukan pencetakan.

“Untuk jumlah blangko e-KTP sudah tersedia dan mencukupi. Jadi bagi pemohon bisa langsung cetak dan tidak perlu menunggu lagi keesokan harinya,” imbuhnya.

Sabtu (13/4), jumlah pemohon yang dilayani sudah mencapai 40 orang. Jumlah tersebut belum termasuk dengan data pelayanan perekaman e-KTP di setiap kelurahan dan kecamatan.

“Kalau yang di kantor Dispendukcapil 40 orang. Kalau yang di kelurahan atau kecamatan datanya belum masuk. Jadi belum tahu jumlahnya,” pungkasnya.