Dorong Kolaborasi Orang Tua dan Guru - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA – Tanggung jawab mendidik anak adalah tugas bersama antara orang tua dan guru. Sebab, perkembangan dan pertumbuhan buah hati, selain di sekolah, juga banyak dipengaruhi lingkungan keluarga.

Hal tersebut yang menjadi landasan Sekolah Ciputra menggelar workshop My Parent, My Teacher di Borobudur Room Sekolah Ciputra Jumat (21/9). Senior Director of Ciputra Group Antonius Tanan menyampaikan materi di depan ratusan orang tua siswa SD, SMP, dan SMA.

Dalam kegiatan tersebut, Antonius mendorong orang tua siswa agar juga menjadi guru yang baik bagi anak-anaknya di rumah. Pertumbuhan dan perkembangan anak tidak bisa mengandalkan peran guru atau lingkungan sekolah saja. Peran keluarga dan lingkungan masyarakat juga dominan. 

Karena itulah, lingkungan keluarga perlu didesain sedemikian rupa sehingga mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satunya, membangun relasi yang baik dan hangat dengan anak-anak di rumah. “Jadilah teman yang baik bagi mereka. Tempat mereka mencurahkan semua keluh kesahnya,” tambah presiden Ciputra Entrepreneurship Center tersebut.

Antonius juga memberikan tip menciptakan lingkungan rumah yang bernuansa edukatif. Orang tua didorong untuk membuat perpustakaan di rumah, mengoleksi buku-buku kesukaan anak-anak, dan ajak mereka bermain di sekitar area tersebut. Hal itu bisa membuat anak terbiasa dengan lingkungan akademik, terbiasa dengan buku, dan terbiasa dengan literatur.

Selain itu, dia meminta orang tua agar mengajak anak-anak mengenal dan menggunakan teknologi yang sehat. Orang tua tidak perlu memaksakan kehendak melarang anak menggunakan teknologi. Namun, bersabarlah untuk memberikan pengertian dampak baik dan buruknya kepada mereka dengan berbagai analogi yang mudah dipahami anak.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 tersebut diakhiri dengan pemutaran video cara menciptakan lingkungan yang edukatif di rumah. Video tersebut menceritakan orang tua yang sedang makan bersama anak-anaknya. Saat anak mengambil buah, orang tua mengajarkan nama buah, bentuk buah, dan warna buah. Saat anak mengambil gelas minum, orang tua mengajarkan bentuk dan warna gelas. (his/c10/eko)